Sukses

Target Jokowi Bangun 24 Pelabuhan Selama 3 Tahun

Presiden Jokowi menuturkan, salah satu pelabuhan yang dikembangkan dan menjadi pelabuhan logistik terbesar yaitu pelabuhan Tanjung Priok.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Laut menjadi salah satu agenda utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun sektor Kemaritiman di Indonesia.

Dalam paparannya di depan seluruh Gubernur dan Kapolda dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kabinet Kerja 2014, Jokowi menyampaikan bakal membangun 24 pelabuhan di Indonesia untuk mendukung tol laut.

"‎Kita memang memerlukan pelabuhan, hampir semua provinsi diperlukan, ada yang dibangun baru, ada yang diperluas. Target kita 3 tahun ada 24 yang akan kita perluas dan bangun," kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (4/11/2014).

‎Dengan melakukan pembangunan dan renovasi pelabuhan tersebut diharapkan akan lebih mengefektifkan waktu tunggu bongkar muat di setiap pelabuhan, sehingga mengurangi biaya logistik.

Salah satu pelabuhan yang akan terus mengalami pembangunan‎ yaitu Pelabuhan Tanjung Priok yang menjadi salah satu pelabuhan logistik terbesar di Indonesia.

Jokowi sendiri menargetkan volume pelabuhan Tanjung Priok dari data tahun 2009 hanya berkisar 3,6 juta TEUS per tahunnya. Untuk tahun 2017 kapasitas pelabuhan akan meningkat menjadi sekitar 15,5 juta TEUS per tahunnya.

‎"Indonesia itu punya kurang lebih 17 ribu pulau, kalau semua itu tidak diperkuat semua biaya akan semakin mahal ke depannya, jadi kita harus serba cepat," kata Jokowi. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini