Sukses

Sofyan Djalil Bakal Lapor Harta Kekayaan Pekan Depan

Sofyan Djalil rela menanggalkan segala atributnya sebagai politikus dan pengusaha setelah ditunjuk menjadi menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Meski mengantongi predikat bersih dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mempunyai kewajiban untuk menyerahkan laporan harta kekayaannya kepada KPK.

Menyodorkan laporan harta kekayaan seperti rutinitas setiap orang yang diangkat menjadi pejabat negara, termasuk menteri. Hal ini pula yang akan dilakukan Sofyan Djalil dalam waktu secepatnya.

"Saya baru masuk, sebenarnya saya sudah siap-siap karena kemarin mikir GR sekali jadi menteri. Tapi sekarang sudah jelas jadi menteri, sehingga saya bisa serahkan itu (laporan harta kekayaan) minggu depan," ungkap Sofyan di acara Serah Terima Jabatan di kantornya, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Sebelumnya, Sofyan Djalil mengatakan rela menanggalkan segala atributnya sebagai politikus dan pengusaha setelah ditunjuk menjadi menteri. Hal ini terkait imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin seluruh menteri di Kabinet Kerja fokus pada tugas serta tanggung jawabnya.

"Semua iya (ditinggalkan). Saya kan orang partai, jadi sore ini saya akan teken pengunduran diri," tegas dia.

Dia juga akan melepas jabatannya sebagai Komisaris Utama (Komut) di lima perusahaan berbeda mulai hari ini. Komitmen tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

"Saya Komut di lima perusahaan berbeda dan advisor di beberapa perusahaan. Saya harus tinggalkan mulai hari ini, semua perusahaan yang bertentangan dengan kementerian harus saya tanggalkan," terangnya. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini