Sukses

Pesan Petinggi Kemenperin ke Presiden Baru Buat Majukan IKM

Pemerintah baru mesti membantu para pelaku IKM untuk memiliki akses ke industri perbankan bank.

Liputan6.com, Jakarta - Globalisasi tak hanya berarti industri dalam negeri bisa menjajaki luar negeri, tetapi juga sebaliknya, industri asing juga bisa menduduki industri dalam negeri. Oleh sebab itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan pesan kepada pemerintahan baru untuk tidak melupakan industri dalam negeri terutama industri kecil dan menengah (IKM).

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin, Euis Saedah mengatakan, pemerintahan baru harus memberikan perhatian khusus kepada IKM. Pasalnya, jika perhatian tersebut tidak diberikan kemungkinan besar lambat laun IKM akan hilang keberadaannya.

Euis melanjutkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dilakukan oleh pemerintahan baru. Pertama, pemerintahan baru harus menggandeng para pembina IKM untuk memetakan potensi yang dimiliki oleh suatu daerah. Dengan pemetaan tersebut maka pendampingan bisa dilakukan dengan maksimal.

Kedua, pemerintah baru mesti menjaga pasokan bahan baku untuk IKM. Pemerintah baru mesti memiliki lembaga untuk mengawasi ketersedian bahan baku. "Kalau tidak dipelototin orang lama-lama tidak mau bikin," kata dia usai meresmikan pameran Sumatera Barat Food and Craft VII, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Ketiga, pemerintah baru mesti memberikan fasilitas akan kebutuhan akomodasi. Hal itu dilakukan agar komoditas IKM terjaga kualitasnya serta untuk mengontrol harga agar produknya tidak terlampau mahal.

Keempat, Euis melanjutkan, pemerintah baru mesti membantu para pelaku IKM untuk memiliki akses ke industri perbankan bank. Pelaku IKM seharusnya akrab dengan industri bank agar mudah mendapat pinjaman dana dari bank.

"Perlu dibantu untuk membuat administrasi yang baik sehingga bisa mengakses bank. Supaya akrab sama bank, suatu saat pinjam tidak kesulitan," pungkasnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • IKM adalah singkatan dari Industri Kecil Menengah.

    IKM

  • Kemenperin atau Kementerian Perindustrian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian.

    kemenperin

Video Terkini