Sukses

CMNP Batal Beli Mutiara

Biaya penyelamatan Bank Mutiara mencapai Rp 8,01 triliun, termasuk suntikan modal yang diberikan pada akhir 2013 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) tak masuk dalam daftar 11 calon investor yang lolos tahap pra kualifikasi untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk.

CMNP merupakan salah satu perusahaan yang disebut-sebut tertarik membeli bank yang sebelumnya bernama Bank Century tersebut. Bahkan pengelola jalan tol ini pernah memasang iklan terkait rencananya membeli saham bank gagal tersebut.

"Supaya tidak menyesatkan infonya karena CMNP pernah mengiklan, yang jelas kami sampaikan pada saat penyertaan minat kami tidak menerima dokumen pendaftaran yang bersangkutan," kata Ahli Kebijakan Strategis dan Penanganan Bank LPS, Poltak L Tobing di kantornya, Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Dia menjelaskan, CMNP memang mengaku minat membeli saham bank yang mendapat suntikan biaya penyelamatan sebesar Rp 8,01 triliun, termasuk diantaranya sebesar Rp 1,25 triliun disetor pada 23 Desember lalu sesuai permintaan Bank Indonesia (BI).

"Tapi tidak ditindaklanjuti tahap selanjutnya ke dokumen pendaftaran. Jadi pas di pra kualifikasi nggak ada nama tersebut. Sementara calon investor yang lain lolos," kata Poltak.

Sayang, Poltak enggak menyebut identitas dari 11 calon investor yang lolos pra kualifikasi dan masuk ke tahap penawaran awal. "Kalau untuk calon investor lain, kami nggak bisa sebutkan," tandasnya. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini