Sukses

6 Sikap Ini Bisa Bikin Anda Gampang Diterima Kerja

Anda kesulitan mencari kerja padahal telah mencoba melamar berkali-kali? Mungkin hambatannya bukan pada kemampuan dan keahlian pribadi

Liputan6.com, New York - Anda tengah kesulitan mencari kerja padahal telah mencoba melamar berkali-kali? Mungkin hambatannya bukan pada kemampuan dan keahlian pribadi melainkan dari sikap Anda sendiri.

Perlu diketahui, para atasan tak hanya mencari orang-orang berpengalaman dan handal untuk memenuhi posisi kosong di perusahaannya. Para atasan membutuhkan kandidat dengan sikap konstruktif yang senantiasa dapat mebantu para atasan menjalankan visi dan misi perusahaan.

Seringkali, menerima karyawan tak hanya dilihat dari seberapa hebat kemampuannya tapi juga bagaimana dia mennuntaskan seluruh pekerjaannya.

Berikut enam sikap yang dapat membuat Anda lebih mudah diterima kerja di sebuah perusahaan seperti dikutip dari Lifehack.org, Rabu (30/4/2014):

1. Percaya diri

Kesan pertama sangat penting saat Anda melamar kerja di sebuah perusahaan. Kemunculan pertama Anda di hadapan manajer harus menunjukkan sikap percaya diri yang kuat.

Jika Anda terlihat ragu-ragu dan penuh rasa cemas, atasan tidak akan tertarik untuk merekrut Anda di kantornya. Kalau Anda tidak percaya pada diri sendiri, apalagi orang lain.

2. Profesional

Sejumlah penelitian menunjukkan, sebanyak 86% perusahaan di dunia sangat menjungjung tinggi profesionalisme sebagai salah satu syarat utama saat seseorang hendak bergabung dengan perusahaan. Berpakaian dengan sopan, berbicara penuh wibawa dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain dapat menunjukkan sisi profesional Anda di perusahaan yang diminati.

3. Suka tantangan

Menurut survei yang digelar sejumlah peneliti dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) International Business School keterbukaan pada tantangan dan pengalaman baru merupakan salah satu sikap kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Sikap tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi seseorang hingga berdampak positif bagi perusahaan.

Calon pegawai seperti ini biasanya tidak akan membatasi dirinya saat menerima tugas. Dia sangat bersemangat untuk melakukan apapun yang membuat dirinya berkembang.

Pelamar kerja dengan sikap tersebut akan selalu bahagia menerima tugas baru dan menunjukkan tanggung jawab yang besar. Dia tidak termasuk ke dalam kalangan pegawai yang takut mengambil risiko dan semangat mencoba berbagai hal baru.

4. Semangat belajar

Sikap semangat mengejar pengetahuan dapat dilihat dari caranya menyelesaikan masalah dan kehausannya untuk belajar. Dia selalu senantiasa berusaha mempelajari berbagai hal baru di perusahaan.

Para pegawai seperti ini cenderung handal dalam menyelesaikan masalah dan selalu mampu membawa sudut pandang baru di tempat kerja.

5. Berpikiran terbuka

Orang yang terbuka terhadap pandangan orang lain, bisa dipercaya dan mau mengorbankan diri sendiri sangat dibutuhkan para manajer di berbagai perusahaan. Sikap tersebut menuntunnya untuk senantiasa membantu orang lain dan memenuhi kebutuhan profesional di kantor. Dia mampu menyebarkan aura positif pada rekan-rekan kerjanya di kantor.

6. Mampu beradaptasi dengan cepat

Alasan para atasan mencari karyawan seperti ini adalah sikapnya yang dapat membuat dia tanggap pada setiap tugas. Bahkan dia mampu menyelesaikan seluruh tugasnya tanpa diminta. Orang seperti ini cenderung efisien dan mandiri dalam bekerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini