Sukses

Kisah Sukses Distributor Semen, Berawal dari Anak Buah Kapal

“Kalau ayah usaha kapal perahu berarti anaknya harus usaha kapal besi,” kata Nova

Liputan6.com, Jakarta - Usianya baru menginjak 40 tahun, tapi Andi Nova Sunazar sudah menjadi distributor semen yang sukses dan memiliki sekitar 8 kapal kargo. Pemilik PT Dua Agung ini mengaku untuk meraih kesuksesan seperti sekarang merupakan hasil dari perjalanan yang panjang. Kecintaannya pada dunia perdagangan salah satu faktor pendorong Nova bisa menjadi orang sukses.

Cinta Dunia Perdagangan dan Hitung-Menghitung

Ya, Nova memang gemar dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hitung-menghitung. Jika ada kesempatan, Nova akan menjual barang-barang yang menurut dia sedang tren. Mulai dari jualan kacamata hingga petasan menjelang perayaan Idul Fitri.

Putus sekolah selepas kelas 1 SMA, Nova tidak berhenti belajar dan berusaha. Sejak itu dia makin rajin mencari uang dengan bekerja sebagai neli kayu dan beras di pelabuhan yang bertugas menghitung banyaknya kiriman dari truk yang mengantar kayu dan beras untuk didistribusikan.

Lalu sejak kapan Nova bersentuhan dengan yang namanya Semen?

Nova bersentuhan langsung dengan semen semenjak membantu mengelola perusahaan pamannya. Dari sini Nova mulai mendistribusikan semen merek Tonasa ke berbagai wilayah di Kalimantan Barat dengan menggunakan kapal kargo.

Selain mengangkut semen, kapal kargo ini juga digunakan untuk mengangkut barang lainnya seperti pupuk dan sawit yang nantinya diantarkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, karena jauhnya jarak yang harus ditempuh untuk mendistribusikan semen Tonasa, membuat usaha ini semakin sulit. Akhirnya Nova berhenti usaha semen Tonasa ini dan memutuskan membangun perusahaan baru.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bekerjasama dengan Semen Gresik

Bekerjasama dengan Semen Gresik

Pada tahun 2007 Nova memutuskan untuk memulai usahanya sendiri menjadi distributor semen dan membentuk perusahaan dengan nama PT Dua Agung. Pada momen penting ini, Nova memberanikan diri menawarkan jasanya kepada Semen Gresik. Alasannya karena jarak tempuh tidak terlalu jauh untuk mengambil semen-semen tersebut dari Gresik

Soal klien, Nova juga tidak pilih-pilih. Mulai dari toko-toko bangunan sampai perorangan pun ia layani. Usaha distribusi Semen Gresik miliknya terus menanjak. Nova bercerita bahwa tantangan dari distribusi semen adalah ketika permintaan tinggi namun produksi semen nasional masih kurang.

Dalam mengelola usaha dan kapalnya, Nova ini dibantu pula oleh kakaknya yang menguasai ilmu perkapalan serta adiknya yang membantu di bagian bongkar muat kapal.

Nova yang awalnya hanya mengurus dokumen kapal dan menjadi anak buah kapal, lambat laun berhasil mengembangkan usahanya sendiri berkat kemauannya yang keras untuk belajar dan berusaha.

Berbekal ilmu dan pengalamannya di bidang perkapalan dan pelayaran, Nova berencana melebarkan bisnisnya dari semen ke distribusi bahan bangunan lainnya, seperti silika pot dan pasir.

Selanjutnya...

3 dari 5 halaman

Orang Tua Inspirasi dalam Hidup

Orang Tua Inspirasi Meraih Sukses

"Dulu orang tua saya memiliki kapal kecil yang biasanya disewakan, namun usaha orang tua saya kurang maju sehingga tidak dilanjutkan lagi," ujar Nova, pria Bugis yang lahir di Pontianak pada 27 November 1974.

Nova pun teringat saat kecil ia pernah mengatakan kepada orangtuanya “Kalau ayah usaha kapal perahu berarti anaknya harus usaha kapal besi,” kata Nova, anak kedua dari 5 bersaudara ini.

Mungkin hal ini lah yang membuat Nova semakin termotivasi untuk meraih kesuksesannya seperti sekarang. Dukungan dari keluarganya juga menjadi faktor keberhasilan seorang Andi Nova Suzanar.

Ke depan, pria jenaka yang mengaku suka lupa sejarah dan memiliki 4 anak ini berharap anak-anaknya dapat membantu dan melanjutkan usaha yang dirintisnya.

Dulu ia berprinsip “Kalau usaha orangtua tidak bisa dilanjutkan anaknya. Itu adalah salah anak.” Namun ia kini menyadari bahwa anggapannya itu salah

“Orangtuanya lah yang salah. Sebab orangtua harus terlebih dulu menyiapkan pondasi dan sistem yang baik di perusahaan tersebut sehingga siapapun yang nantinya masuk bisa mengikuti sistem tersebut,” tegas dia.

Nova juga menambahkan bahwa orangtua adalah salah satu sumber inspirasinya dalam hidup.

Terlihat dari simbol PT Dua Agung miliknya, tergambar tetesan air yang berisi huruf “Z” yang merupakan inisial nama ayahnya, Zainuddin dan “H” yang merupakan inisial nama ayah angkatnya, Hasan. Karena orangtuanya lah, ia menjadi seperti sekarang ini.

Selanjutnya...

4 dari 5 halaman

Resep Sukses Nova Membangun Usaha

Kerendahan hati merupakan salah satu faktor kesuksesan Andi Nova Suzanar. Keterbatasan pendidikan lantas tidak membuatnya minder untuk merekrut orang-orang yang lebih berpendidikan.

Nova merekrut orang-orang dengan berbagai keahlian seperti manajemen, keuangan, dan pemasaran untuk bekerjasama mengembangkan usaha distribusi Semen Gresik miliknya

“Siapapun yang bergabung dengan saya itu bukan karyawan tapi rekan bisnis. Kita juga punya 3 nilai budaya: rendah hati, cepat dan tepat, serta bermanfaat,” ujar Nova.

Selain ketiga hal di atas yang senantiasa dipegang teguh, Nova juga berpesan bahwa kejujuran dan apa adanya adalah kuncinya. Seorang pengusaha juga harus pandai membaca momentum dan memutar balik keadaan yang negatif menjadi positif.

“Menjadi pengusaha tentu tak lepas dari kendala. Setiap hari ada kendala. Karena selalu ketemu kendala setiap hari, kita selalu dituntut untuk bisa mencari solusi. Jadi serasa tidak ada kendala” lanjutnya.

Selanjutnya...

5 dari 5 halaman

BCA Menjadi Patner Usaha Nova

BCA Menjadi Partner Usaha Nova

Awal memulai usahanya, Nova tidak menggunakan bank. Namun, mulai tahun 2011 ia mulai mempercayakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank yang membantu kelancaran serta pengembangan bisnisnya.

“Usaha jadi makin kencang larinya karena memakai BCA. BCA mempunyai pelayanan yang bagus dan paham dengan orang-orang yang berdagang,” jelas dia.

Selain dari segi permodalan yang terbantu, fasilitas internet banking dari BCA juga mempermudah segala proses transaksi dan pembayaran dengan klien dan juga karyawannya.

Dengan bersemangat Nova mengungkapkan bahwa memilih BCA sudah jadi keharusan.

“Jadi nasabah BCA itu seperti keharusan lho. Khususnya buat mereka yang menjalankan usaha atau bisnis karena BCA sudah memiliki jaringan yang besar,” ujar Nova.

Dengan dukungan dari BCA, usaha yang baik, bisnis yang kuat, dan SDM yang handal, Andi Nova Suzanar berharap dapat menghadapi persaingan yang ketat dan menjadi leader di bisnisnya ini.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

(Adv)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini