Sukses

Panitia Protes, Indonesia Pastikan Ikuti Semua Nomor Para Games

Liputan6.com, Gianyar- Ketua Panitia Penyelenggara Asian Paragames (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari menyatakan pihaknya sudah menerima surat dari Komite Paralimpiade Asia (APC) soal nomor-nomor yang akan diikutsertakan di Asian Para Games 2018. Di antara nomor itu. termasuk kualifikasi untuk Paralimpiade Tokyo 2020.

Awalnya, kata Okto, ada beberapa nomor yang tidak menyertakan atlet Indonesia. Namun, setelah dirinya menyampaikan protes kepada Sekretaris Jenderal APC Tarek Souei, mereka langsung mengubahnya. 

"Saya katakan bahwa kami ini sudah bekerja, habis tenaga, uang, waktu, untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Ketua PB ISSI ini.

"Jikak seandainya atlet-atlet kami tidak bisa bertanding di nomor-nomor itu dan tidak lolos kualifikasi, rasanya tidak fair buat kami semua. khususnya untuk masyarakat Indonesia," kata Okto.

Akhirnya, kata Okto, semalam sudah disepakati semua nomor yang dipertandingkan, atlet-atlet Indonesia bisa mengikutinya, termasuk untuk kualifikasi Paralimpiade

Soal mekanisme keikutsertaan atlet-atlet Indonesia, apakah memakai undangan, tiket, host country allocation, Okto tak mempersoalkannya. Yang penting bagi dirinya adalah fokus untuk mengurus acara Asian Para Games.

"Jika  kami terganggu hal-hal seperti itu, kami tidak akan bekerja maksimal," ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tes Event

Terkait dengan persiapan itu, Okto memastikan bahwa tes event akan tetap berlangsung. Rencananya, kegiatan akan digelar pada Maret atau April.

Inapgoc akan mencari nomor-nomor yang memang bisa dites dan dapat dilaksanakan. Ini juga dilakukan sekalian uji coba venue, terutama atletik dan cabang renang.

"Nanti kami cari lagi, minimal lima cabang. Waktunya, kami akan cari lagi," kata Okto.

3 dari 3 halaman

Sosialisasi

Sebelumnya, Inapgoc menggelar Run for Difable 2017. Ini adalah salah satu rangkaian persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai akan digelarnya Asian Para Games 2018 di Indonesia pada Oktober nanti.

Masyarakat Indonesia diharapkan bisa mendukung atlet-atlet paralimpik Indonesia untuk bisa meraih prestasi yang lebih tinggi setelah berhasil menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2017 di Malaysia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS