Sukses

Jelang Semifinal Sepak Bola Vietnam Vs Korsel, Duel Seru Menuju Pertaruhan Terakhir

Laga menarik bakal tersaji saat Vietnam bersua Korsel.

Jakarta - Pertarungan menarik bakal tercipta dari Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu sore (29/8/2018), saat Timnas Vietnam U-23 bersua Timnas Korea Selatan U-23 di semifinal sepak bola putra Asian Games 2018.

Kedua tim sama-sama sedang on fire. Sulit menerka, siapa yang akan keluar sebagai pemenang di laga ini dan tampil di final Asian Games 2018.

Hal menarik lain, kedua tim sama-sama dibesut pelatih asal Korsel yang seumuran. Vietnam dilatih Park Hang-seo, sedangkan Korsel dibesut Kim Hak-bum. Keduanya seangkatan saat masih aktif semasa bermain di K-League. Keduanya sudah mengenal satu sama lain.

Jaminan partai seru sudah disampaikan Park Hang-seo. Ia berujar, Kim merupakan sosok pelatih yang jago dalam hal taktik.

Sementara Kim juga punya pujian perihal koleganya itu. "Park membuat Timnas Vietnam sangat menarik. Mereka memainkan permainan yang sangat stabil. Akan sangat menarik jika kami bersua mereka di semifinal," kata Kim, seperti dikutip dari Yonhap.

Laga ini penting buat kedua tim. Vietnam ingin mengukir sejarah dengan tampil di final Asian Games kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Asian Games, sementara Korsel ingin masuk jajaran negara yang mencatatkan sejarah merebut gelar juara secara beruntun atau back to back.

Status Korsel di Asian Games 2018 memang juara bertahan. The Taeguk Warriors memenangi medali emas saat jadi tuan rumah pada Asian Games 2014 Incheon. 

Hal lain, khusus di kubu Korsel, tampil di final Asian Games  2018 sangat penting bagi pemain yang belum menjalani kewajiban wajib militer (wamil).

Seperti diketahui, pemain bisa terbebas dari kewajiban itu jika bisa membawa pulang medali emas. Faktor ini diyakini jadi satu di antara pendongkrak semangat Son Heung-min dkk di Asian Games 2018 sejauh ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Recovery

Namun, diprediksi Korsel tak akan menaklukkan Vietnam dengan gampang. Vietnam menunjukkan sebagai tim pekerja keras, mantap, dan gigih dalam setiap pertandingan yang mereka lakoni.

Jangan lupakan pula, Vietnam sama sekali belum kebobolan hingga menapaki semifinal. Mereka juga mampu mencetak gol krusial di pengujung pertandingan, bahkan hingga perpanjangan, yang menandakan tingginya daya juang serta stamina oke.

Tangguhnya pertahanan Vietnam itu akan diuji Korsel, yang memiliki sektor penyerangan tajam. Tercatat ada 14 gol yang dilesakkan pemain-pemain Korsel hingga perempat final lalu, bandingkan dengan koleksi delapan gol Vietnam sejauh ini.

Satu-satunya hal yang bisa jadi membuat pertemuan kedua tim antiklimaks adalah minimnya waktu recovery. Baik Vietnam maupun Korsel sama-sama bermain selama 120 menit pada perempat final (27/8/2018). 

"Kami hanya punya satu hari istirahat, tapi ini sama seperti yang dialami Korsel. Pada titik ini, penting untuk fokus pada pemulihan kondisi, baik mental maupun fisik," kata Park.

Kapten Timnas Korea Selatan U-23, Son Heung-min, berujar tak punya pilihan selain beristirahat cukup. "Kami hanya harus tidur dan istirahat dengan baik. Saya yakin pemain bisa mengatur kebugaran mereka dengan baik," timpal Son.

Jadi, siapa yang akan memenangi duel menarik di semifinal Asian Games 2018?

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.