Sukses

PLN Jawa Barat Siaga Penuh Jaga Pasokan Listrik Asian Games 2018

Asian Games bakal berlangsung pada 18 Agustus pada 2 September 2018.

Liputan6.com, Bandung - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Barat siap siaga memenuhi kebutuhan pasokan listrik di semua venue Asian Games 2018.

Asian Games bakal berlangsung pada 18 Agustus pada 2 September 2018. Tentunya, PT PLN mendapat pekerjaan berat untuk memasok listrik yang menjaga kelangsungan setiap pertandingan.

"Terkait persiapan pasokan listrik menjelang dan selama Asian Games 2018, PLN Distribusi Jawa Barat menyatakan siaga dan siap terkait pasokan listrik dan petugasnya," kata Manajer Distribusi PLN Distribusi Jawa Barat, Agus Kuswardoyo, di situs resmi Asian Games.

Untuk menyukseskan Asian Games di Jawa Barat, Agus menyiapkan 395 personel yang siaga selama 24 jam penuh. PLN juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 41,55 miliar dan anggaran operasional sebesar Rp 1,04 miliar.

Menurut dia, anggaran investasi tersebut digunakan untuk peningkatan keandalan sistem pasokan listrik yaitu dengan pengadaan UPS di stadion dengan total kapasitas 1.880 kVA, pemasangan UGB untuk masing masing arena sebanyak 11 UGB, pengadaan dan pemasangan genset dengan total kapasitas 1.140 kVA, dan penarikan JTR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Posko Siaga

Sedangkan, anggaran operasional akan digunakan untuk pengadaan 20 posko siaga, kendaraan, crisis center dan sarana lainnya.

"Kami sangat memperhatikan titik kritis dari masing-masing arena, karena setiap arena punya karakteristik teknis yang berbeda-beda. Tapi intinya semua sudah kita evaluasi dan ada pada posisi yang prima untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pelaksanaan setiap pertandingan," kata Agus.

"Secara korporasi, PLN sangat berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 dengan menyediakan pasokan listrik yang andal. Kami sudah berkoordinasi baik secara internal maupun dengan pihak eksternal," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Pertandingan Asian Games di Jawa Barat

Jumlah pertandingan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jawa Barat ada lima cabang olah raga dengan total arena sebanyak 10 unit serta 16 lokasi penginapan (hotel) atlet yang tersebar di sembilan area PLN.

Adapun "venue" yang dimaksud adalah Stadion Wibawa Mukti Bekasi (sepak bola), Stadion Pakansari Bogor (sepak bola), Stadion Patriot Candrabhaga (sepak bola), Jalan Raya KBB-PWK-SUB-KBB (road race bike), Bendungan Rentang Sumedang (kayak/kano), Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung (sepak bola), Gunung Mas (paragliding), Pasir Umbul (Paragliding) dan Khe Bun Hill (mountain bike).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.