Sukses

INASGOC Tunggu Sikap FIBA soal Mundurnya Filipina dari Asian Games 2018

Surat resmi pengunduran diri sudah dikirimkan Komite Olimpiade Filipina (POC) kepada panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) pada Selasa (31/7/2018).

Jakarta - Timnas basket Filipina resmi mundur dari Asian Games 2018. Surat resmi pengunduran diri sudah dikirimkan Komite Olimpiade Filipina (POC) kepada panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) pada Selasa (31/7/2018). 

Filipina memilih tidak tampil di cabor basket Asian Games 2018 karena buntut dari kericuhan yang terjadi di kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia. Filipina terlibat keributan dengan Australia kala bertanding pada Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 Zona Asia, sehingga banyak pemainnya kena skorsing. 

"Kemarin malam suratnya dari Komite Olimpiade Filipina sudah dikirim dan diterima," kata Direktur Deputi I INASGOC, Harry Warganegara, saat dihubungi Bola.com, Rabu (1/8/2018). 

Sebelum mengundurkan diri, timnas basket Filipina tergabung di Grup B, bersama Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab. Saat ditanya apakah pengunduran diri Filipina memengaruhi jadwal pertandingan maupun pembagian tim di grup, Harry menjawab singkat. 

"Untuk hal itu kami menunggu dari FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) dulu," kata Harry.   

Sementara itu, Ketua Persatuan Basket Filipina, Manny Pangilinan, mengatakan keputusan mundur dari Asian Games pasti berat bagi publik. 

"Kami semua pasti menyesal. Kami semua tahu basket menempati posisi spesial di hati masyarakat Filipina. Ini keputusan berat dan membuat kami sedih," kata Pangilinan. 

"Saya tahu pasti ada kritikan tentang keputusan ini. Di sisi lain, untuk alasan tertentu, tim memang tak tampil baik," imbuh dia. 

Pada cabor basket putra [Asian Games 2018](3607361"Asian Games 2018"), Indonesia tak bergabung di grup yang dihuni Filipina. Timnas basket Indonesia masuk Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.