Sukses

Sambut Asian Games 2018, Peremajaan Trotoar Terus Dikebut

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang akan berlangsung sejak 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Jakarta untuk menyambut pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Salah satunya, penataan ulang trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman – Thamrin dan Bundaran Senayan – Jalan Asia Afrika. Namun, 40 hari jelang Asian Games 2018 pekerjaan tersebut belum juga rampung. Di sekitar jalur protokol proyek peremajaan trotoar masih banyak tumpukan semen sekaligus batu berserakan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menargetkan pengerjaan trotoar selesai pada 31 Juli 2018.

"Kita prioritaskan selesai 100% pada 21 Juli 2018 dan tanggal 31 Juli akan dihentikan semua. Semuanya sudah bersih dan rapih, tidak ada lagi barrier (pembatas jalan) karena tamu Asian Games mulai datang," kata Basuki.

Basuki menambahkan, penataan kawasan Thamrin - Sudirman - Senayan meliputi perbaikan jalan dan taman serta peremajaan trotoar.

"Prioritasnya jalan harus sudah lurus semua 100 persen. Jalan selesai dengan lebar 18,5 meter, lebar taman sekitar 3,4 meter dan trotoar selebar 9 meter. Tapi yang diutamakan jalannya harus sudah lurus, tidak belok-belok lagi," jelas Basuki.

2 dari 3 halaman

Harus Lembur

Hasbiallah Ilyas, anggota Komisi D DPRD Jakarta yang mengawasi pengelolaan tata ruang serta penertiban bangunan, menilai lambat kinerja jajaran Pemprov Jakarta dalam penyambutan Asian Games 2018.

“Mau tidak mau harus lembur dipercepat karena keterlambatan ini. Ditargetkan selesai akhir Juli tapi sebenarnya bisa lebih cepat dari itu dengan anggaran dan potensi yang ada, fasilitas yang ada. Kinerja pemprov lambat”, ujar Hasbiallah Ilyas di Jakarta, belum lama ini.

3 dari 3 halaman

Terus Dikebut

Sementara itu, Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno memastikan pengerjaan trotoar terus dikebut dan selesai pada 22 Juli mendatang.

“Sedang dikerjakan dan ini siang malam, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Targetnya 22 Juli sampai akhir Juli sudah selesai semuanya,” tutur Sandiaga Uno saat meninjau langsung penataan trotoar dari Jalan Jendaral Sudirman hingga bundaran Senayan Jakarta. (Tim Liputan6)

Artikel Selanjutnya
Anies: Warga Tahu Larangan Pemotongan Hewan Kurban Dekat Venue Asian Games
Artikel Selanjutnya
Asian Games: KOI Diminta Masukkan Semua Atlet Pelatnas ke Kontingen Indonesia