Tragedi Letusan Sinabung Bikin Penasaran

Setelah beberapa kali erupsi, Gunung Sinabung akhirnya meletus. 15 Orang meninggal dunia akibat diterjang awan panas.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 03 Feb 2014, 01:41 WIB
Setelah beberapa kali erupsi, Gunung Sinabung akhirnya meletus. 15 Orang meninggal dunia akibat diterjang awan panas.

Tragedi meletusnya gunung yang selama 400 tahun `tertidur` itu pun bikin penasaran pembaca Liputan6.com. Berikut 5 artikel paling populer edisi Minggu (2/2/2014):

1. Kronologi Tewasnya 7 Anggota GMKI di Gunung Sinabung

Tujuh dari 14 korban tewas akibat adu panas Gunung Sinabung merupakan relawan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Para mahasiswa itu datang ke Desa Payung, Kaban Jahe, Sumatera Utara, untuk melakukan bakti sosial buat korban letusan Gunung Sinabung.

Menurut laman resmi GMKI, Minggu (2/2/2014), acara bakti sosial itu akan dilaksanakan hari ini dan akan diikuti seluruh Cabang GMKI dari Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Karena itu, pada Sabtu 1 Januari kemarin sejumlah anggota GMKI berada di Desa Payung itu.

2. Status Gunung Kelud Jadi Waspada, Radius 2 Kilometer Dikosongkan

Status Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dinaikkan dari Normal menjadi Waspada. Peningkatan status diberlakukan karena ada peningkatan aktivitas gunung yang tinginya mencapai 1.730 meter di atas permukaan laut itu.

"Perubahan dilakukan per Minggu 2 Februari dari aktif Normal ke Waspada, dan dengan ini kami merekomendasikan agar jarak 2 kilometer dikosongkan (dari aktivitas warga)," kata petugas Pos Pantau Gunung Kelud Khoirul saat dikonfirmasi di Kediri, Minggu (2/2/2014).

3. Survei: Dahlan dan Walikota Risma Jadi Pesaing Utama Jokowi

Berdasarkan wawancara langsung yang dilakukan pada 1.200 orang di 33 provinsi Indonesia, ternyata muncul nama pesaing kuat Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yaitu Dahlan Iskan. Survei itu dilakukan Political Communication Institute (PolcoMM) Institute. Survey itu bertajuk Mencari Pesaing Jokowi.

Dalam survei PolcoMM itu, Dahlan Iskan dikategorikan masuk dalam tokoh muda nonpartai politik di Pilpres 2014 nanti. Dan Menteri BUMN itu berada di atas 8 tokoh lainnya, seperti Irman Gusman, Ali Masykur Musa, Mahfud MD, Dino Pati Djalal, Rizal Ramli, Rhoma Irama, Gita Wirjawan, dan Anies Baswedan.

4. Awan Panas Sinabung, Suhu 700 Derajat Celcius, Melaju 100 Km/jam

Sebanyak 15 orang tewas tersapu awan panas yang dikeluarkan oleh Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Sabtu 1 Februari kemarin. Para korban tewas itu berada di tengah perlintasan awan panas tersebut.

"Mereka yang tewas karena berada di tengah perlintasan awan panas, jaraknya 3 kilometer dengan titik puncak awan," kata Kepala Pusat Informasi dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwonugroho di kantornya, Jakarta, Minggu (2/2/2014).

5. Survei: Hanya Tokoh Muda yang Mampu Saingi Jokowi

Jelang Pemilu 2014, masyarakat dijejali nama-nama capres yang sebagian besar dari jago-jago tua. Sayang, mereka selaku keok jika disandingkan dengan Gubernur DKI Joko Widodo di survei. Lantas, apakah tidak ada tokoh lain yang mampu mengimbangi Jokowi? Survei Political Comunication Institute (PolcoMM) punya jawabannya.

PolcoMM melalui Direkturnya, Heri Budianto mengatakan, kini hanya tokoh muda yang mampu memberi persaingan kepada Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu. Pihaknya pun melakukan survei, di mana responden menilai tokoh muda lebih cocok bersaing yaitu sebesar 33,2 persen. (Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya