Smart TV: Tak Sekadar Hubungkan TV ke Internet

Dengan Smart TV pengguna tak hanya bisa menjelajah dunia maya, tetapi juga bisa menikmati pengalaman berbeda dan multitasking tanpa batas.

oleh Iskandar diperbarui 23 Jan 2014, 09:10 WIB

Dari mulai TV hitam putih, TV berwarna dan terus berkembang ke TV tabung (CRT) hingga TV berbodi tipis, seperti Plasma, LCD, LED, dan OLED - TV tak hanya berevolusi dari segi desain, ukuran, dan fungsi.

TV juga berkembang dari sisi teknologi dan belakangan ini muncul TV pintar alias Smart TV, yang menggabungkan fungsi TV itu sendiri yaitu sebagai pusat hiburan dan informasi dengan internet.

Melalui koneksi internet yang tanpa batas, penikmat TV tak hanya bisa menyaksikan siaran, tetapi juga dapat menjelajahi dunia maya serta konten-konten yang ada di internet dengan mudah dan menyenangkan. Ditambah berbagai aplikasi layaknya pada komputer.

Foto dok. Liputan6.com

Tawarkan Multitasking
Untuk menghubungkan sebuah Smart TV ke internet, biasanya terdapat fitur WiFi dan juga port ethernet. Dengan kehadiran smart TV, fungsi TV menjadi lebih maksimal.

Fitur-fitur yang ditawarkan Smart TV rata-rata adalah Home dashboard sebagai menu utama, Web browser sebagai akses berselancar di dunia maya, berbagai Aplikasi hiburan dan game, Konten lokal, Smartshare, serta Magic motion remote control sebagai pusat kendali.

Foto dok. Liputan6.com

Home dashboard menyuguhkan tampilan yang intuitif dan nyaman sehingga memberikan kendali yang mudah dan cepat. Sementara Web browser berfungsi sebagai media untuk berselancar di dunia maya layaknya sebuah komputer.

Dengan fitur ini pengguna dapat berselancar dan mencari informasi di internet tanpa perlu menghidupkan PC ataupun Laptop dan meninggalkan siaran yang sedang berlangsung. Semua bisa dijalankan dalam waktu bersamaan atau multitasking.


Media Sosial dan Game
Selain browsing, pengguna pun dapat membuka berbagai situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Juga bisa streaming video melalui YouTube dan melakukan video call di Skype.

Foto dok. Liputan6.com

Smart TV juga memungkinkan Anda untuk bermain game secara langsung tanpa harus menggunakan perangkat tambahan. Dan menariknya, seluruh aplikasi yang ada dapat ter-update secara berkala melalui software updates.

Pengguna juga bisa menikmati Konten lokal tanpa batas di smart TV, seperti berita, hiburan, olahraga, pendidikan, musik, dan lifestyle. Semuanya terintegrasi dan tersusun rapi sehingga pengguna tidak perlu lagi mencarinya secara manual melalui search engine.


Perintah Suara dan Gerakan
Pengguna pun dapat melakukan perintah khusus melalui Magic remote. Perintah bisa digunakan dengan gerakan scroll naik turun seperti mouse atau hanya dengan perintah suara.

Smart TV juga bisa diperintah melalui gerakan tangan untuk mengubah channel TV, memperbesar dan memperkecil volume TV, serta memutar dan memperbesar gambar dengan mudah.

Foto dok. Liputan6.com

Untuk keamanan, Smart TV biasanya dibekali fitur pengenalan wajah atau Face recognation untuk membuka layar. Kamera yang terpasang pada panel TV akan mengenali wajah pengguna dan membuka pintu untuk mengakses profil, aplikasi favorit, buku alamat pada Skype, dan lain sebagainya.


Dibelaki Hardware Mumpuni
Bukan itu saja, layaknya smartphone dan tablet, Smart TV juga dipersenjatai komponen hardware bertenaga besar. Bahkan sudah ada yang diperkuat prosesor empat inti (quad core) yang memberikan kinerja kencang saat pengguna berpindah-pindah aplikasi, layanan online, dan on-air TV.

Foto dok. Liputan6.com

Kecepatan pemrosesannya pun memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus pada waktu bersamaan. Sebagai contoh, menggunakan sebuah aplikasi sambil mengunduh aplikasi lain.

Bahkan sambil browsing pun pengguna tetap bisa membuka aplikasi, konten, dan menikmati siaran favorit dengan mulus. Dan menariknya ada salah satu vendor yang menjanjikan bahwa hardware tersebut dapat ditingkatkan untuk menikmati kinerja dan multitasking yang lebih cepat. (isk)


Baca juga:
Teknologi TV OLED `200 Kali Lebih Tipis Dari Rambut Manusia`
TV 3D Tanpa Kacamata Memang Menggoda, Tapi Bisa Merusak Mata?
Televisi 3D Punya Karakter Yang Sama Dengan Mata Manusia
Panel LCD `Terbuat` Dari Ekstrak Kolesterol Wortel
TV Plasma Hadir di Tahun 1960an dan Akan Mati Tahun Ini?
Televisi Lahir Dari Kepingan Logam `Teleskop Elektrik`
Televisi Berwarna Lahir Dari `Kelamnya` Perang Dunia II

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya