Xbox One Vs PlayStation 4 Vs Nintendo Wii U, Mana Lebih Unggul?

Debut terbaru Microsoft siap bersaing dengan perangkat yang akan rilis, PlayStation 4 dan Nintendo Wii U yang sudah tersedia di pasaran.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 22 Mei 2013, 12:28 WIB

Microsoft baru saja resmi meluncurkan konsol game terbarunya, Xbox One. Sejumlah prediksi nama jelang peluncurannya banyak beredar, akhirnya Microsoft menjatuhkan pilihan nama menjadi Xbox One.

Xbox One disebut mampu menjadi bagian dari game dan hiburan dalam rumah masa depan. Debut terbaru Microsoft siap bersaing dengan perangkat yang akan rilis, PlayStation 4 dan Nintendo Wii U yang sudah tersedia di pasaran.

Dilansir dari Mashable, Rabu (22/5/2013), jika melihat pada sistem dan spesifikasi ketiga konsol game tersebut menggunakan Blu-ray sebagai pilhan media optik pilihan. Sony dan Microsoft menganggap penggunaan Blu-ray merupakan cara terbaik untuk menghadirkan kapasitas penyimpanan gigabita lebih besar untuk menyimpan informasi.

Dukungan komputasi awan atau cloud dalam konsol memungkinkan pengguna mengunduh konten secara langsung ke konsol game. Di antara ketiganya, Nintendo Wii U merupakan satu-satunya konsol yang masih menggunakan prosessor tri-core IBM PowerPC 1.24GHz. Sedangkan dua lainnya (PS4 dan Xbox One) sudah menggunakan prosessor 8-core x86.

Bukan hanya itu, Nintendo Wii U juga hanya didukung dengan RAM 2GB, sedangkan Xbox One menggunakan RAM 8GB dan PS4 diduga juga akan menggunakan RAM 8GB.

Untuk saat ini Xbox One menyediakan ruang penyimpanan terbesar dibandingkan dua pesaingnya yakni 500GB HDD. Sedangkan Nintendo Wii U masih menyediakan storage penyimpanan 8GB-32GB. Xbox One dilengkapi konektivitas USB 3.0, WiFi 802.11n dan direct connect. Sementara Nintendo Wii U hanya dilengkapi koneksi melalui USB 2.0x4 dan WiFi 802.11n.

Sayangnya diantara ketiganya baru Nintendo Wii U yang sudah rilis di pasaran seharga US$299-$349. Sementara Sony dan Microsoft belum membeberkan berapa harga konsol game terbaru miliknya. (vin/gal/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya