Jelang Pemilu 2024, KIP Banda Aceh Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 07 Jan 2024, 15:05 WIB
Jelang Pemilu 2024
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden.
Para pekerja menyiapkan surat suara jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari mendatang di Banda Aceh, Aceh, Minggu (7/1/2024). (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
"Penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung hingga 12 Januari mendatang. Ada sebanyak 863.970 lembar surat suara yang disortir dan dilipat," kata Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (7/1/2024). (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Penyortiran dan pelibatan melibatkan 180 petugas yang direkrut melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK). Penyortiran dan pelipatan mendapatkan pengawasan ketat Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh serta pengamanan dari kepolisian. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Yusri Razali mengatakan jumlah yang disortir dan dilipat tersebut berdasarkan jumlah daftar pemilihan tetap sebanyak 169 ribu lebih ditambah cadangan dua persen, sehingga jumlahnya sebanyak 172 ribu lebih. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
"Pemilihan pada pemilu nanti ada lima jenis yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI, DPR RI serta DPR provinsi dan DPR Kota Banda Aceh, sehingga total jumlah surat suaranya mencapai 863.970 lembar," katanya. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Yusri Razali mengingatkan petugas penyortiran dan pelipatan agar teliti memeriksa dan melipat surat suara tersebut. Ada beberapa kategori surat suara yang dinyatakan rusak seperti pencetakannya tidak jelas, ada lubang di kolom pemilihan, dan lainnya. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh Ely Safrida mengatakan pihaknya melibatkan unsur pengawasan kecamatan mengawasi penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya