Usai Kebakaran Dahsyat, Katedral Notre Dame di Paris Akan Kembali Dibuka Tahun Depan

Katedral Notre Dame Paris diperkirakan akan kembali dibuka untuk pengunjung dan umat Katolik pada akhir tahun 2024 setelah kebakaran hebat yang melanda atap gedung pada 15 April 2019.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 09 Des 2023, 12:05 WIB
Restorasi Katedral Notre Dame
Katedral Notre Dame Paris diperkirakan akan kembali dibuka untuk pengunjung dan umat Katolik pada akhir tahun 2024 setelah kebakaran hebat yang melanda atap gedung pada 15 April 2019.
Katedral Notre Dame de Paris digambarkan dari puncak menara di Paris, Prancis, Jumat (8/12/2023). Katedral Notre Dame Paris diperkirakan akan kembali dibuka untuk pengunjung dan umat Katolik pada akhir tahun 2024 setelah kebakaran hebat yang melanda atap gedung pada 15 April 2019. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Mengutip dari Euro News, Sabtu (9/12/2023), disebutkan bahwa proyek restorasi saat ini telah sesuai jadwal dan memenuhi batas waktu pembukaan kembali pada 8 Desember 2024 yang ditetapkan oleh Presiden Emmanuel Macron tepat setelah kebakaran. (AP Photo/Thibault Camus)
Sayangnya, bangunan belum cukup siap untuk Olimpiade Paris yang dijadwalkan berlangsung pada musim panas 2024. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
"Tugas saya adalah siap membuka katedral ini pada tahun 2024 dan kami akan melakukannya," kata Jenderal Georgelin, jenderal angkatan darat yang bertanggung jawab atas proyek rekonstruksi, pada Maret lalu. Ia menyambung, "Kami berjuang setiap hari untuk itu dan kami berada di jalur yang baik." (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Menteri Kebudayaan Abdul-Malak mengatakan, meski katedral akan dibuka untuk umum, bukan berarti seluruh pekerjaan renovasi akan selesai. Dia menambahkan bahwa masih akan ada beberapa pekerjaan renovasi yang dilakukan pada tahun 2025. (Sarah Meyssonnier, Pool via AP)
Rekonstruksi ikon Paris merupakan tugas yang sangat besar. Pembangunan ini dimulai pada tahun 2022, setelah lebih dari dua tahun berupaya membuat monumen tersebut stabil dan cukup aman bagi para perajin untuk mulai membangunnya kembali. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Pihak berwenang telah mengambil keputusan untuk membangun kembali mahakarya seni gotik abad ke-12 tersebut, seperti sebelumnya. Hal ini termasuk menciptakan kembali puncak menara setinggi 96 meter dari abad ke-19 yang dirancang oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Bagian tengah katedral yang ikonik, yang runtuh dalam kebakaran, akan muncul kembali di atas monumen tahun ini, sebagai sinyal kuat kebangkitannya. "Kembalinya puncak menara ke langit Paris menurut saya akan menjadi simbol bahwa kita memenangkan pertempuran Notre Dame," kata Jenderal Georgelin. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Diperkirakan 1.000 orang di seluruh Prancis mengerjakan restorasi Notre Dame setiap hari. "Ada banyak karya berbeda yang harus kami capai: kerangka, lukisan, batu, lemari besi, organ, kaca patri, dan sebagainya," jelas Georgelin. (AP Photo/Christophe Ena, Pool)
Api berkobar dari Katedral Notre Dame saat terbakar di Paris, Prancis, Senin (15/4/2019). Pemugaran Notre Dame mencapai tonggak sejarah pada Jumat, 8 Desember 2023: satu tahun hingga katedral membuka kembali pintu besarnya untuk umum. (AP Photo/Thibault Camus, File)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya