Tradisi Mepandes, Potong Gigi Massal Diikuti Puluhan Umat Hindu

Lebih dari 70 umat Hindu Bali yang telah menginjak masa remaja mengikuti kegiatan massal yang diadakan empat tahun sekali ini

oleh Arny Christika Putri diperbarui 09 Jul 2023, 15:00 WIB
Ritual potong gigi massal
Lebih dari 70 umat Hindu Bali yang telah menginjak masa remaja mengikuti kegiatan massal yang diadakan empat tahun sekali ini
Seorang perempuan bercermin untuk melihat kondisi giginya saat ritual potong gigi massal di Pura Giri Kusuma, Kota Bogor, Minggu (9/7/2023). (merdeka.com/Arie Basuki)
Upacara potong gigi yang dalam bahasa Bali disebut Mepandes itu diikuti lebih dari 70 umat Hindu Bali yang telah menginjak masa remaja atau dewasa. (merdeka.com/Arie Basuki)
Ritual tersebut bertujuan untuk menghilangkan enam sifat buruk manusia yang ditandai dengan mengikis enam gigi bagian atas. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kegiatan massal ini diadakan empat tahun sekali. (merdeka.com/Arie Basuki)
Mepandes merupakan ritual keagamaan yang harus dilaksanakan oleh semua umat Hindu di Bali, khususnya bagi yang telah menginjak masa remaja. (merdeka.com/Arie Basuki)
Dalam ajaran ini terkandung nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang sedang dibutuhkan pada masa remaja sebagai sarana dalam pembentukan kepribadian anak yang merupakan kelanjutan dari pembentukan di masa bayi dalam kandungan, dengan harapan lahirnya anak yang suputra (anak yang baik). (merdeka.com/Arie Basuki)
Oleh karena itu, sifat-sifat keraksasaan tersebut perlu dinetralisir dan dikendalikan, agar nantinya dapat tercapainya tujuan, yaitu diharapkan sifat-sifat keraksasaan dapat berubah menjadi sifat-sifat kebaikan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Seorang perempuan mengikuti ritual potong gigi massal di Pura Giri Kusuma, Kota Bogor.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya