Inara Rusli Lepas Cadar di Hadapan Publik: Saya Buka untuk Menghidupi Anak-Anak Saya

Inara Rusli melepas cadar di hadapan publik di tengah kasus perceraian dengan Virgoun.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 19 Mei 2023, 11:08 WIB
Inara Rusli

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kasus perceraiannya dengan Virgoun, Inara Rusli membuat sebuah keputusan besar. Ibu tiga anak ini mantap melepas nikab atau cadarnya.

Namun, sebelum melancarkan keputusannya itu, Inara Rusli sudah bertanya terlebih dahulu kepada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. Sang Ustaz menjelaskan bahwa dalam Islam, bercadar bukanlah kewajiban.

"Saya bilang cadar itu tidak wajib, sunnah. Maknanya kalau lihat orang bercadar, jangan dibilang itu salah. Itu urusan dia menutup wajahnya. Yang bercadar pun tidak boleh menyalahkan yang tidak bercadar," kata Ustaz Derry Sulaiman dikutip dari Intens Investigasi, Jumat (19/8/2023).

"Membuka wajah (tak pakai cadar) seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Aku tanya, kenapa Inara tanya begitu? 'Aku mungkin harus bekerja dan daruratnya pekerjaanku ternyata ini', ada hubungannya dengan kecantikan," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Tujuan Inara Melepas Cadarnya 

Inara Idola Rusli menghadiri sidang cerai perdana dengan Virgoun yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Rabu (17/5/2023). (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Di hadapan publik dengan kamera para wartawan yang menyala, Inara Rusli meminta izin untuk melepas cadarnya. Tujuannya adalah untuk mempermudahnya bekerja, mencari nafkah jika harus berpisah dari suami.

"Boleh saya buka? Izin saya buka ya bismillah saya buka, saya pakai karena Allah, saya buka karena Allah untuk menghidupi anak-anak saya," ucap wanita berusia 30 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Jangan Mem-bully Inara karena Lepas Cadar

Setelahnya, dia pun membuka niqabnya. Ustaz Derry Sulaiman mengimbau masyarakat untuk tidak merundung Inara Rusli atas keputusannya.

"Ina mengundang aku di sini untuk menjelaskan hukum tentang niqab. Ini hal yang dbolehkan jadi jangan sampai ada bully-an yang akhirnya bikin kalian semua berdosa, gitu," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Disarankan Salat Istikharah

Sebelumnya Ustaz Derry Sulaiman juga sudah menyarankan Inara untuk salat istikharah, meminta petunjuk bahwa keputusannya sudah tepat. 

"Jadi tolong suatu hari kalau netizen melihat Ina membuka cadarnya jangan bully karena itu bukan kemaksiatan, itu hukumnya boleh-boleh saja. Jadi kalau Ina tanya boleh enggak buka cadar? Silahkan. Istikharah saja, karena untuk memakai itu butuh iman yang kuat," tutupnya.

Infografis 10 Daftar Pahlawan Nasional Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Tri Yasnie)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya