Yoo Ah In Diperiksa Terkait Kasus Narkoba dan Minta Maaf pada Publik: Sepenuhnya Menyadari Kesalahan yang Saya Perbuat

Yoo Ah In menjalani pemeriksaan di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, pada Senin (27/3/2023).

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 28 Mar 2023, 10:46 WIB
Yoo Ah In. (Instagram/ hongsick)

Liputan6.com, Jakarta Yoo Ah In menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Sang aktor diperiksa di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, pada Senin (27/3/2023).

Sang aktor menjalani BAP dengan kaos putih yang dilapisi dengan blazer berwarna hitam. Dalam kesempatan itu Yoo Ah In menyampaikan permohonan maaf ke publik atas kesalahannya.

"Saya sepenuhnya menyadari kesalahan yang telah saya buat. Saya merenungkan diri saya sendiri. Permintaan maaf apa pun tidak akan cukup tetapi saya minta maaf," kata Yoo Ah In dikutip dari Allkpop, Selasa (28/3/2023).

Dia juga telah menyatakan kesediaannya untuk menjelaskan fakta dengan jujur dan menekankan bahwa dia akan secara aktif menjelaskan keadaan tertentu terkait barang bukti yang ditemukan polisi.

Pada bulan lalu, Yoo Ah In dinyatakan melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika. Dari hasil pemeriksaan urin dan rambut, dia dinyatakan positif empat jenis obat terlarang yaitu propofol, mariyuana, kokain, dan ketamin.

2 dari 4 halaman

Sejauh Mana Penyelidikan yang Dilakukan Polisi?

Yoo Ah In (Foto: Dispatch via Koreaboo)

Polisi melakukan penyelidikan menyeluruh, menyita dua ponsel dan menganalisis percakapan selama delapan tahun. Lebih dari 10.000 catatan ekstraksi forensik dianalisis, dan pencarian serta penyitaan dilakukan di rumah sakit dan dua rumah sang aktor.

Staf medis rumah sakit, pejabat lembaga, dan kenalan juga telah dipanggil. Penyelidikan diperluas ke sekitarnya untuk menentukan waktu dan tempat pelanggaran yang dituduhkan. Polisi melakukan segala upaya untuk mencari data pendukung hasil Layanan Forensik Nasional.

3 dari 4 halaman

Kronologi Kasus Dugaan Narkoba Yoo Ah In

Diberitakan sebelumnya, polisi telah menerima permintaan penyelidikan dari administrasi Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan. Yoo Ah In ditangkap di bandara Incheon setibanya dari Los Angeles, AS, pada 5 Februari 2023.

Pada hari yang sama, Yoo Ah In menjalani tes urine dan tes rambut di National Institute of Scientific Investigation (NFS). Dari hasil pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa aktor berusia 36 tahun ini positif menggunakan empat jenis obat-obatan.

4 dari 4 halaman

2 Proyek Ditunda Tayang

Kasus hukum ini berdampak buruk bagi karier sang aktor. Tanggal rilis untuk proyek terbaru yang dibintangi Yoo Ah In yang berjudul The Match dan Goodbye Earth jadi tidak jelas. Kedua proyek ini diketahui sudah selesai syuting.

"Setelah berdiskusi dengan tim produksi, kami telah memutuskan untuk menunda sementara perilisan Goodbye Earth. Kami akan menginformasikan lagi jadwal rilis spesifik setelah dikonfirmasi," kata pihak Netflix dikutip dari Soompi.

Nasib yang sama juga terjadi pada proyek filmnya yang berjudul The Match.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya