Jadwal Imsakiyah Hari Ini Selasa 28 Maret 2023 dan Panduan Puasa saat Hamil

Jadwal Imsakiyah Hari ke-6 Ramadhan 1444 Hijriah.

oleh Septika Shidqiyyah diperbarui 28 Mar 2023, 02:40 WIB
Jadwal Imsakiyah Hari Ini Selasa 28 Maret 2023 (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Puasa ramadhan sudah memasuki hari ke-6. Bagi Muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa hendaknya mengetahui jadwal Imsakiyah hari ini Selasa 28 Maret 2023. Imsak adalah pedoman waktu untuk segera merampungkan santap sahur.

Umat Islam tentu sudah paham jika puasa dilaksanakan semenjak terbit fajar sampai matahari terbenam. Jika kita terlena masih makan sahur ketika sudah memasuki waktu subuh tentu saja puasa kita sudah batal. Oleh sebab itu jadwal imsakiyah hari ini hendaknya diingat oleh Muslim semua.

Selain jadwal imsakiyah, jadwal sholat juga harus disimak agar Ramadhan kali ini ibadah semakin teratur dan mendapat berkah Allah SWT.

Jadwal imsakiyah ini dirangkum Liputan6.com dari laman Kemenag guna memudahkan umat Islam selama menjalankan puasa Ramadhan.

2 dari 3 halaman

Jadwal Imsakiyah Hari Ini

Jadwal Imsakiyah Hari Ini Selasa 28 Maret 2023 atau 6 Ramadhan 1444 Hijriah di beberapa kota besar di Indonesia.

 

Tangerang (Banten) IMSAK 04:32

Bandung (Jawa Barat) IMSAK 04:28

DKI Jakarta IMSAK 04:31

Semarang (Jawa Tengah) IMSAK 04:17

Yogyakarta (DIY) IMSAK 04:17

Surabaya (Jawa Timur) IMSAK 04:08

Denpasar (Bali) IMSAK 04:58

Mataram (Nusa Tenggara Barat) IMSAK 04:54

Kupang (Nusa Tenggara Timur) IMSAK 04:24

Pontianak (Kalimantan Barat) IMSAK 04:20

Banjarbaru (Kalimantan Selatan) IMSAK 04:59

Palangkaraya (Kalimantan Tengah) IMSAK 04:03

Samarinda (Kalimantan Timur) IMSAK 04:49

Tarakan (Kalimantan Utara) IMSAK 04:46

 

Untuk jadwal imsak dan jadwal sholat wilayah lain bisa dilihat di sini

3 dari 3 halaman

Panduan ibu hamil saat puasa

Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ibu hamil disarankan memeriksakan diri ke dokter kandungan terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui kondisi janin dan kesehatan kehamilan ibu.

Ibu hamil disarankan tak ikut berpuasa jika ternyata ada masalah kehamilan, seperti berat janin masih kurang atau sang ibu lemas.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fetomaternal, Dr Med dr Damar Prasmusinto, SpOG (K) mengatakan, ibu hamil kondisi kesehatannya dinilai mampu berpuasa perlu memerhatikan asupan nutrisi dan kalori hariannya agar tetap terpenuhi dengan baik.

"Boleh saja ibu hamil berpuasa, cuma ibu hamil kan dapat titipan untuk merawat si bayi selama 9 bulan di kandungannya, jadi ibu jangan sampai mengurangi asupannya ke bayi," terang Damar.

Dokter memberi tips bagi ibu hamil yang hendak puasa dengan membagi tiga waktu makan agar kalori tetap terpenuhi. Pertama, makan satu porsi makan siang ketika sahur, satu porsi makan malam ketika berbuka puasa, dan satu porsi sarapan sebagai camilan selepas sholat tarawih.

"Sebenarnya ini sama juga seperti saat tidak puasa, kita makan pagi, siang, malam, lalu tidur 8 jam. Selama 8 jam ini kan kita puasa juga. Cuma sekarang dibalik aja waktunya," jelasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya