Analis Sebut Apple Bakal Tetap Luncurkan iPhone SE 4

Analis Ming-Chi Kuo menyebut, Apple kemungkinan bakal tetap memperkenalkan iPhone SE 4

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 28 Feb 2023, 10:30 WIB
Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)

Liputan6.com, Jakarta - Apple sempat dikabarkan mau membatalkan atau menunda perilisan dari iPhone SE 4. Namun, rumor berembus perusahaan teknologi itu bakal memulai lagi pengembangan smartphone itu.

Kabar burung itu beredar dari analis Apple Ming-Chi Kuo, yang juga sempat mengabarkan soal dibatalkannya iPhone SE 4 sekitar dua bulan yang lalu.

Dalam serangkaian cuitan di akun Twitter-nya @mingchikuo, Kuo mengklaim iPhone SE 4 akan pakai layar OLED 6,1 inch, serta modem 5G didesain oleh Apple alih-alih Qualcomm.

Mengutip The Verge, Selasa (28/2/2023), Ming-Chi Kuo memprediksi HP iPhone untuk lini yang lebih murah ini, kurang lebih akan menjadi "modifikasi minor dari iPhone 14 6,1 inci" dan akan mulai diproduksi di awal 2024.

Tidak diketahui apakah iPhone SE 4 bakal memiliki fitur-fitur seperti di iPhone 14 misalnya SOS Darurat via satelit, Face ID, sistem dual-camera dengan mode malam, yang saat ini tidak dimiliki iPhone SE 3 2022.

Kuo mengatakan, Apple harus "mengatasi kendala teknis yang terkait dengan mmWave dan komunikasi satelit" ketika menyangkut modemnya, sebelum membawanya ke ponsel utama.

Dikabarkan juga, iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan chip baseband 5G Apple yang diproduksi pada proses 4nm, dan hanya mendukung sub-6 5G, bukan teknologi mmWave ultra cepat.

Meski begitu, tidak diketahui kapan perkiraan HP iPhone SE 4 rilis di pasaran walau tampaknya, mereka tak akan hadir sampai paling tidak 2024.

Selain itu, perlu dicatat bahwa segala hal tentang iPhone SE 4 di atas masih rumor dan perkiraan awal. Tentu saja, apakah ponsel ini akan dirilis, termasuk spesifikasinya jika benar, perlu menunggu pengumuman resmi Apple.

2 dari 4 halaman

iPhone SE 4 Sempat Mau Dibatalkan

Menonton streaming video menggunakan jaringan 5G di iPhone SE 2022 (Foto: Apple Newsroom).

Sebelumnya Ming-Chi Kuo pernah menyebut, Apple mungkin akan tunda atau membatalkan proses produksi iPhone SE 4.

"Keputusan ini diambil karena penjualan model iPhone kelas bawah tidak sesuai dengan prediksi Apple," tulis Kuo di akun Twitter-nya. Kuo menambahkan, "Desain layar penuh yang diinginkan Apple untuk iPhone SE 4 butuh biaya dan harga jual lebih tinggi."

Karena hal tersebut, perusahaan berbasis di Cupertino itu perlu mempertimbangkan kembali posisi dan laba yang didapat saat menjual iPhone SE 4.

Kabar burung soal spesifikasi iPhone SE 4 juga pernah beredar. Beda dari seri iPhone SE sebelumnya, rumor menyebutkan, Apple kemungkinan bakal menghilangkan tombol Home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Perusahaan juga akan tetap mempertahankan desain kamera dari model SE sebelumnya, tetapi dengan pilihan warna baru.

 

3 dari 4 halaman

Rumor Spesifikasi iPhone SE 4

iPhone SE 2022 mengusung desain yang sama dengan iPhone SE 2020, dengan dukungan Touch ID. (Foto: Apple Newsroom).

Selain tetap memperkenalkan warna, seperti Midnight, Starlight, dan Product(RED), Apple juga akan menambahkan varian kuning, merah, dan biru--seperti iPad 10th Gen.

Salah satu peningkatan besar di sektor hardware adalah chipset yang digunakan untuk iPhone SE 4 ini.

Informasi, iPhone XR menggunakan Apple A12, model SE (2022) dengan chipset A15--seperti iPhone 14 dan 14 Plus. Sementara itu, spesifikasi iPhone SE 4 kemungkinan akan dilengkapi dengan chipset A16.

Karena tidak lagi mengandalkan Touch ID di tombol Home, Apple diyakini akan melengkapi iPhone SE 4 ini dengan teknologi Face ID.

Untuk ukuran layar, analis Apple Ming-Chi Kuo dan Jon Prosser sama-sama memprediksi ponsel baru milik Apple ini akan tetap bertahan dengan layar berukuran 6.1 inci.

 

4 dari 4 halaman

Menggunakan 5G

Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Sementara analis lainnya, Ross Young, mengatakan Apple sedang mempertimbangkan pakai layar 5,7 inci atau 6,1 inci untuk iPhone SE 4. Selain itu, Apple juga masih belum menentukan apakah akan menggunakan panel OLED atau LCD untuk layar iPhone SE 4 ini.

Seperti model iPhone SE di pasaran saat ini, generasi baru nantinya ini akan juga menggunakan koneksi jaringan 5G.

Soal kapan diluncurkan, rumor menyebutkan iPhone SE 4 ini akan hadir pada tahun 2024. Apple tidak akan memperkenalkan model baru tahun depan. 

(Dio/Ysl)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya