Simak 8 Tips Ini Agar Akun TikTok Kamu Dapat Centang Biru

Bagi pengguna TikTok yang ingin mendapatkan verifikasi centang biru dengan cepat, delapan tips ini dapat membantu pengguna mengembangkan akun pengguna agar lebih terpercaya.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 28 Feb 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi promosi produk di platform TikTok. (Sumber foto: Pexels.com).

Liputan6.com, Jakarta - Verifikasi TikTok berupa tanda centang biru merupakan penentu keaslian suatu akun pengguna. Tidak hanya untuk memudahkan orang-orang untuk mencari suatu akun, centang biru akan membantu pengguna melindungi konten TikTok milik mereka agar tidak disalahgunakan atau dicuri.

Untuk mendapatkan verifikasi pada akun TikTok, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi pengguna. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yang dirangkum dari laman resmi Neal Schaffer, Senin (27/02/2023).

Sekadar informasi, Neal Schaffer adalah seorang konsultan yang membantu bisnis untuk beralih ke pemasaran digital sekaligus pendiri konsultan pemasaran digital PDCA Social.

Kriteria Dapat Centang Biru di TikTok

  • Akun aktif, sehingga pengguna harus mengunggah sesuatu secara teratur
  • Asli, di mana pengguna harus dapat membuktikan keaslian identitas pribadi sebagai pemilik akun
  • Profil lengkap, meliputi nama, foto profil, bio, dan identitas lainnya untuk mempermudah proses verifikasi
  • Popularitas, pengguna harus memiliki pengikut yang kuat
  • Keamanan, pengguna harus menggunakan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena TikTok ingin memastikan orang yang mengunggah dari akun terverifikasi adalah pemiliknya
  • Patuh terhadap community guidelines and terms of service sehingga meningkatkan kepercayaan TikTok atas akun pengguna. 
2 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Verifikasi Centang Biru di TikTok

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Setelah mengetahui kriteria yang harus dipenuhi sebuah akun untuk mendapatkan verifikasi, pengguna dapat beralih ke cara mengajukannya.

Meskipun opsi pengajuan verifikasi ini mungkin tidak tersedia untuk semua orang, tetapi prosesnya tidak begitu sulit dan dapat dilakukan melalui aplikasi yang pengguna miliki di perangkat masing-masing. 

Langkah Dapat Centang Biru TikTok:

  • Masuk ke Profil, lalu klik tiga garis horizontal pada bagian pojok kanan atas,
  • Masuk ke Settings and Privacy,
  • Klik Manage Account, kemudian pilih Verification,
  • Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengikuti serangkaian persyaratan untuk ditinjau oleh TikTok.

Agar proses berjalan dengan lancar, pengguna perlu memenuhi semua informasi yang diminta selama proses pengajuan. Setelah itu, pengguna dapat menunggu konfirmasi dari TikTok ketika proses peninjauan telah selesai.

3 dari 4 halaman

8 Tips Dapatkan Centang Biru di TikTok

Seorang perempuan menjadi viral di Tiktok dengan Viral 2,3 juta viewers, tampilan dengan body goals padahal hanya editan/unsplash Amanda

Selain menyiapkan akun pengguna agar memenuhi kriteria yang diberikan TikTok, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengembangkan akun pengguna sehingga proses pengajuan verifikasi berjalan lancar hingga mendapatkan centang biru.

1. Pastikan Profil Akun Pengguna Lengkap dan Terkini

Informasi seperti nama, bio, foto profil, dan detail lainnya tidak hanya membantu membangun hubungan pemilik akun dengan pengikutnya, namun juga memberitahu keaslian akun pengguna. TikTok tidak akan memverifikasi akun yang tidak memiliki karakter asli di baliknya.

2. Buat Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas tidak hanya terkait kualitas gambar yang baik, tetapi juga menyangkut relevansi yang dapat menarik audiens. Maka, pengguna dapat membuat konten yang disukai audiens secara luas dengan perencanaan yang tepat.  

3. Gunakan Tagar (Hashtag) yang Relevan

Hashtag dapat membantu video pengguna mudah ditemukan sehingga penggunaan tagar yang relevan dengan konten yang disuguhkan akan meningkatkan audiens atau penonton.

4. Unggah Secara Konsisten

Mengunggah konten secara teratur dapat membantu pengikut pengguna tetap berinteraksi untuk menunggu konten pengguna. Idealnya, pengguna perlu mengunggah beberapa kali seminggu sehingga hal ini merupakan tantangan bagi para konten kreator.

4 dari 4 halaman

5. Gunakan Hashtag yang Sedang Trending

Ilustrasi hashtag populer yang telah memiliki 146 juta viewers di aplikasi TikTok.

Menggunakan hashtag yang populer akan membuat konten pengguna dilihat lebih banyak audiens. Hal ini dapat mendorong konten pengguna untuk tampil dalam “For You Page” banyak orang dan mendatangkan banyak pengikut untuk akun pengguna.

6. Terlibat dengan Audiens

Untuk menjaga interaksi dengan audiens, pengguna dapat turut menyukai, mengomentari, atau membagikan konten mereka. Ini akan membantu menjalin hubungan dan kepercayaan antara pengguna dan pengikut.

7. Dapatkan Verifikasi di Platform Media Sosial Lainnya

Mengingat bahwa TikTok merupakan platform media sosial yang masih terbilang baru, memiliki akun yang sudah terverifikasi di platform lain dapat meningkatkan kredibilitas sekaligus peluang untuk diverifikasi oleh TikTok. 

8. Ikuti Panduan Komunitas

Untuk mengajukan permohonan verifikasi, penting untuk mengikuti pedoman komunitas atau community guidelines yang dimiliki TikTok. Misalnya, tidak mengunggah konten yang menyinggung, penuh kebencian, atau tidak pantas, serta menghormati pengguna lain. Dengan demikian, pengguna akan dipandang sebagai akun yang dapat dipercaya. 

Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya