4 Korban Kecelakaan Helikopter di Kerinci Berhasil Dievakuasi, Bagaimana Nasib Kapolda Jambi?

Empat polisi korban helikopter jatuh yang mengangkut Kapolda Jambi berhasil dievakuasi. Sementara untuk evakuasi Kapolda Jambi belum ada keterangan lebih lanjut

oleh Gresi Plasmanto diperbarui 21 Feb 2023, 16:29 WIB
Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto saat memberikan keterangan pers tentang kondisi evakuasi helikopter jatuh yang ditumpangin Kapolda Jambi. (Liputan6.com/gresi plasmanto)

Liputan6.com, Jambi - Empat korban kecelakaan helikopter di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, berhasil dievakuasi via jalur udara pada Selasa siang (21/2/2023). Dalam video pendek yang beredar itu menunjukan proses evakuasi berlangsung dramatis.

"Ada empat korban yang sudah dievakuasi," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto di Posko Pemantauan di Bandara Lama Kota Jambi, Selasa (21/2/2023).

Berdasarkan informasi di lapangan, Mulia mengatakan, keempat polisi yang berhasil dievakuasi lebih dulu itu adalah ADC Kapolda Jambi Iptu Muhardi Aditya dan Kopilot AKP Amos Freddy, Direskrimum Kombes Pol Andri Ananta, dan Dirpolairud Kombes Pol Michael Mumbunan.

Sementara itu, ketika ditanya terkait evakuasi Kapolda Jambi, Mulia berlalu dan masuk ke ruang pemantauan. Dia tak menjelaskan lebih rinci ihwal kondisi Kapolda Jambi.

Tim evakuasi hingga kini masih berjibaku mengevakuasi korban lainnya, termasuk Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang turut menjadi korban helikopter jatuh.

Untuk selanjutnya korban yang berhasil dievakuasi langsung dibawa helikopter menuju Kota Jambi untuk perawatan lebih lanjut di Rumah Sakit Bhayangkara.

 

2 dari 2 halaman

Beberapa Kali Upaya Evakuasi Gagal

Sebelumnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama tujuh orang lainnya terjatuh di Desa Tamiai, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu, sekitar pukul 11.00 WIB, setelah mendarat darurat di lokasi tersebut

Para korban kecelakaan helikopter tersebut adalah: Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Polda Jambi Kompol Ayani, dan ADC Kapolda Jambi, serta 3 orang kru.

Dalam peristiwa itu, Kapolda Jambi dilaporkan mengalami patah tulang pada tangan kanannya. Hingga kini, tim terus memantau keadaan di lapangan melalui pos di Bandara Lama Kota Jambi dan Pos Pemantauan di Kabupaten Merangin.

Dalam evakuasi hari ini Selasa (21/2/2023) sebanyak 6 unit helikopter dikerahkan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya di lokasi kecelakaan helikopter di kawasan hutan Tamiai, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Beberapa kali evakuasi gagal dilakukan karena terkendala kabur tebal dan cuaca buruk. Hingga akhirnya para korban terpaksa menginap di tenda darurat dalam kondisi terluka. Rombongan ini dijaga dan dirawat dua tim SAR yang datang dari jalur darat, serta satu tim yang datang dari jalur udara, yang totalnya sekitar 30 orang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya