Telegram Hadirkan Fitur Baru, Pembuat Foto Profil, Terjemah Obrolan dan Lainnya

Aplikasi pesan Telegram menghadirkan 10 fitur baru, mulai dari pembuat foto profil, penerjemahan obrolan, dan lain-lain.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 20 Feb 2023, 19:41 WIB
Logo Aplikasi Telegram

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Telegram menghadirkan 10 fitur untuk membuat pengalaman pengguna berada di platformnya makin nyaman.

Dalam keterangannya yang Tekno Liputan6.com kutip Minggu (5/1/2023), Telegram menebut pembaruan Telegram yang pertama di 2023 ini membawa 10 fitur sebagai bentuk pemanasan.

Adapun fitur-fitur baru Telegram itu, antara lain adalah:

Deretan fitur baru Telegram

1. Pembuat Foto Profil

Kini, pengguna Telegram bisa mengubah stiker atau emoji beranimasi apa pun menjadi foto profil untuk akun, grup, atau kanal Telegram mereka.

Bagi semua pengguna atau pun mereka yang tidak memiliki Telegram Premium, mereka bisa memakai emoji beranimasi dan emoji kustom untuk foto tersebut.

Pengguna bisa pasang atau sarankan foto profil bagi kontak mereka.

2. Penerjemah Seluruh Percakapan

Fitur ini hadir bagi pengguna Telegram Premium, di mana mereka bisa menerjemahkan seluruh percakapan dalam chat, grup, dan channel secara langsung dengan mengetuk bar Terjemahan/ translate di bagian atas.

Pengguna bisa menyembunyikan bar dan mengatur bahasa apa saja yang akan diterjemahkan. Sementara, seluruh pengguna bisa menerjemahkan pesan satu per satu dengan memilihnya dan mengetuk 'Terjemahkan Pesan.'

3. Kategori Emoji

Stiker dan emoji kini diurutkan berdasarkan karegori. Untuk memperbesar suatu emoji, tahan agar bisa melihatnya dengan lebih jelas.

Pengguna Telegram bisa memilih lebih dari sejuta stiker dan emoji berbeda, pengkategorian emoji ini dilakukan agar bisa lebih cepat dalam memilih emoji yang mau dikirim.

2 dari 4 halaman

4. Pemakaian Jaringan

Telegram versi web diblokir. (Doc: TechCrunch)

Pengguna bisa memeriksa seberapa banyak data yang sudah dipakai Telegram, caranya dengan menyelidiki diagram lingkaran terperinci untuk WiFi dan data seluler.

Pengguna juga bisa menyesuaikan pengaturan unduh otomatis dengan paket data mereka.

5. Penyimpanan Otomatis Media Masuk

Pengguna bisa mengendalikan, media akan disimpan otomatis ke galeri berdasarkan ukuran, tipe, dan obrolan tempat media tersebut diterima.

Menu ini sekarang bisa mendukung pengecualian, sehingga pengguna bisa menyimpan hanya yang benar-benar diinginkan.

Pengguna tidak perlu menyimpan seluruh foto yang masuk ke perangkat. Selain itu, media dan dokumen bisa dihapus dari penyimpanan perangkat dan diunduh ulang dari cloud Telegram, kapan pun.

3 dari 4 halaman

6. Perizinan Media Terperinci

Ilustrasi cara, menghapus akun, telegram. (Photo by Ümit Solmaz on Pixabay)

Admin bisa menentukan apakah anggota grup diizinkan mengirim 9 tipe media berbeda, misalnya foto, pesan suara, atau pesan video.

Mereka juga bisa menonaktifkan pesan teks untuk membuat grup berisi media saja.

7. Langganan Premium Tahunan

Pengguna bisa menghemat hingga 40 persen biaya langganan. Pasalnya, Telegram Premium dan fitur eksklusifnya bisa dibeli langsung satu tahun, secara prabayar.

8. Pemilihan Obrolan untuk Bot

Pengembang bot dapat menambahkan tombol spesial untuk membantu pengguna memilih grup, kanal, atau pengguna yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Contohnya, hal ini bisa dipakai untuk dengan cepat menambahkan bot ke dalam grup, tempat pengguna berkedudukan sebagai admin dan topik diaktifkan.

4 dari 4 halaman

9. Masuk Lagi dengan Apple dan Google ID

Ikon aplikasi Telegram Premium (Dok. Telegram)

Pengguna yang sudah logout dari akun, bisa kembali masuk dengan cepat menggunakan Apple atau Google ID tanpa perlu memasukkan kode SMS.

Jika kamu mengaktifkan kata sandi Verifikasi 2 Langkah, kamu tetap perlu memasukkan kata sandi tersebut.

10. Emoji Kustom Baru

Tidak ada satu pun update tanpa adanya 10 paket emoji kustom baru dari seniman Telegram. Pengguna juga bisa menambahkan ratusan ikon yang secara khusus dirancang untuk foto profil dan grup.

Selain itu Telegram juga menambahkan versi interaktif baru untuk sejumlah emoji. Emoji ini juga bisa dipakai untuk reaksi.

(Ti/Ysl)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya