Saham ACES, SCMA, AKRA, hingga SRTG Masuk Penghuni Indeks LQ45, Cek Daftarnya di Sini

Enam saham masuk deretan penghuni indeks LQ45 periode Februari-Juli 2023. Siapa sajakah?

oleh Elga Nurmutia diperbarui 26 Jan 2023, 11:11 WIB
BEI mengubah susunan penghuni indeks LQ45 terbaru untuk periode Februari-Juli 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah susunan saham penghuni indeks LQ45. Berdasarkan daftar terbaru, terdapat enam emiten yang masuk dan enam emiten yang keluar. Susunan terbaru indeks LQ45 akan berlaku efektif konstituen pada Februari-Juli 2023.

Enam emiten yang baru masuk indeks LQ45 yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), dan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

Sedangkan, enam emiten yang keluar dari indeks LQ45, yakni PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN), PT ERAA Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Indeks seperti LQ45 biasanya digunakan sebagai salah satu acuan oleh banyak investor institusi. Sehingga perubahan susunan saham anggota emiten berpotensi menyebabkan perubahan volume transaksi yang signifikan pada emiten tersebut, hingga dapat mempengaruhi harga saham.

Berikut 45 saham yang masuk indeks LQ45 untuk periode Februari — Juli 2023:

ACES - PT Ace Hardware Indonesia Tbk 

ADRO - PT Adaro Energy Indonesia Tbk

AKRA - PT AKR Corporindo Tbk

AMRT - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

ANTM - PT Aneka Tambang Tbk

ARTO - PT Bank Jago Tbk

ASII - PT Astra International Tbk

BBCA - PT Bank Central Asia Tbk

BBNI - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

BBRI - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

2 dari 4 halaman

Daftar Indeks LQ45 Periode Februari-Juli 2023

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas Indonesia, Jakarta, Senin (27/7/2020). Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,66% atau 33,67 poin ke level 5.116,66 pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

BBTN - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

 

BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

 

BRIS - PT Bank Syariah Indonesia Tbk

 

BRPT - PT Barito Pacific Tbk

 

BUKA - PT Bukalapak.com Tbk

 

CPIN - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk

 

EMTK - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk

 

ESSA - PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA)

 

EXCL - PT XL Axiata Tbk

 

GOTO - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

 

HRUM - PT Harum Energy Tbk

 

ICBP - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

 

INCO - PT Vale Indonesia Tbk

 

INDF - PT Indofood Sukses Makmur Tbk

 

INDY - PT Indika Energy Tbk

 

INKP - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk

 

INTP - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

 

ITMG - PT Indo Tambangraya Megah Tbk

 

JPFA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk

 

KLBF - PT Kalbe Farma Tbk

 

MDKA - PT Merdeka Copper Gold Tbk

 

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk

 

PGAS - PT Perusahaan Gas Negara Tbk

 

PTBA - PT Bukit Asam Tbk

 

SCMA - PT Surya Citra Media Tbk

 

SIDO - Industri Jamu dan Farmasi Sido 

Muncul Tbk

 

SMGR - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

 

SRTG - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk 

 

TBIG - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk

 

TINS - PT Timah TbkTLKM - Telkom Indonesia (Persero) Tbk

 

TLKM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk 

 

TOWR - PT Sarana Menara Nusantara Tbk

 

TPIA - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

 

UNTR - PT United Tractors Tbk

 

UNVR - PT Unilever Indonesia Tbk

 

3 dari 4 halaman

Pembukaan IHSG pada 26 Januari 2023

Karyawan melintasi layar yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat acara Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (30/12/2022). PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 59 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) atau pencatatan saham sepanjang 2022. Pada penutupan perdagangan akhir tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup lesu 0,14% atau 9,46 poin menjadi 6.850,62. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Laju indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergejolak tetapi mampu berbalik arah ke zona hijau pada perdagangan saham Kamis (26/1/2023). Mayoritas indeks sektor saham catat penguatan.

Mengutip data RTI, IHSG menguat 0,26 persen ke posisi 6.847. Indeks LQ45 bertambah 0,48 persen ke posisi 936,7. Mayoritas indeks acuan kompak menghijau.

Pada awal sesi perdagangan, IHSG berada di level tertinggi 6.852,77 dan terendah 6.815,7. Sebanyak 256 saham menguat dan 188 saham melemah. 195 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan 248.889 kali dengan volume perdagangan 5,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 1,8 triliun. Posisi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 14.953.

Mayoritas indeks sektor saham (IDX-IC) menghijau. Sementara itu, sektor saham energi melemah 1 persen, sektor saham industri susut 0,34 persen, dan sektor saham properti tergelinicr 0,02 persen. Sementara itu, sektor saham basic menguat 0,97 persen, sektor saham nonsiklikal bertambah 0,22 persen, sektor saham siklikal menanjak 0,71 persen.

Sementara itu, sektor saham kesehatan mendaki 0,10 persen, sektor saham keuangan menanjak 0,66 persen, sektor saham properti menguat 0,05 persen, sektor saham teknologi bertambah 0,72 persen dan sektor saham transportasi mendaki 1,22 persen.

 

4 dari 4 halaman

Pembukaan Bursa Saham Asia pada 26 Januari 2023

Seorang wanita berjalan melewati sebuah indikator saham elektronik sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo (29/8). Akibat peluncuran rudal Korea Utara yang mendarat di perairan Pasifik saham Asia menglami penurunan. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Sebelumnya, bursa saham Asia Pasifik menguat pada perdagangan saham Kamis, (26/1/2023). Hal ini sering sejumlah negara di Asia Pasifik akan merilis data ekonomi.

Di Hong Kong, indeks Hang Seng dan Hang Seng teknologi naik 1,71 persen dan 2,45 persen pada satu jam perdagangan. Indeks Hang Seng dan Hang Seng teknologi memimpin kenaikan indeks saham.

Indeks Nikkei 225 dan Topix cenderung bergerak mendatar setelah  rilis laporan pertemuan bank sentral Jepang pada pekan lalu. Yen Jepang diperdagangkan di kisaran 129,26 terhadap dolar AS.

Indeks Kospi bertambah 0,28 persen dan indeks Kosdaq naik 0,54 persen meski produk domestik bruto (PDB) Korea Selatan menyusut 0,4 persen pada kuartal IV 2022. Ini menandai kontraksi pertama dalam lebih dari dua tahun.

Di sisi lain, Hong Kong dan Filipina akan merilis data neraca perdagangan. Singapura juga akan merilis data manufaktur pada Desember 2022. Sementara itu, bursa saham China dan Australia libur. Di wall street, indeks acuan sebagian besar melemah. Sektor saham teknologi tertekan imbas panduan Microsoft yang kurang bersemangat.

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya