Mengenal Dance Sport yang Tengah Viral di Media Sosial 

Federasi DanceSport Dunia menciptakan istilah "DanceSport" pada awal 1980-an.

oleh Tifani diperbarui 20 Jan 2023, 16:00 WIB
Ungkapan Cinta Laura soal hujatan terhadap dua siswa SMPN 1 Ciawi yang berprestasi berkat kompetisi dance sport. (Instagram @claurakiehl)

Liputan6.com, Yogyakarta - Baru-baru ini video siswa SMP berdansa di depan teman-temannya viral di media sosial. Meski menuai pro kontra, dalam video viral tersebut terlihat sepasang siswa SMPN sangat pawai berdansa dengan indah.

Rupanya keduanya merupakan atlet dance sport atau olahraga dansa. Bahkan keduanya bertanding dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat dan menyumbangkan tiga medali emas.

Lalu apa itu dance sport?

Dikutip dari laman dancesport.org, dance sport adalah olahraga dansa yang populer sejak awal abad ke 20-an. Mulanya dansa hanya dilakukan dalam kegiatan sosial atau para sosialita.

Namun, hal itu mulai berubah sejak pengusaha Perancis Camille de Rhynal menjadikan dansa sebagai sebuah kompetisi. Turnamen dansa Tango pertama dengan partisipasi internasional berlangsung di Nice, Perancis, pada tahun 1907.

Kemudian terus berkembang hingga kejuaraan ballroom di Paris, Berlin, dan London. Kejuaraan perdana dance sport digelar di Bad Nauheim, Jerman, pada tahun 1936.

Lambat laun kejuaraan dansa terus berkembang dan populer di lebih banyak lagi negara. Federasi DanceSport Dunia menciptakan istilah "DanceSport" pada awal 1980-an.

Seiring berjalannya waktu, olahraga dansa terus berkembang hingga dikenal oleh lebih banyak negara. Meski tidak begitu populer di tanah air, nyatanya Indonesia memiliki asosiasi yang menaungi dance sport yakni Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI).

Dance sport memiliki beberapa jenis dan gaya (style). Bahkan, masing-masing gaya sport dance memiliki ciri khas menarik.

Seperti style Amerika Latin yang dikenal dengan gerakan samba atau cha cha cha. Lalu style America yang terkenal akan gerakan tango.

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya