Bamsoet Dukung APRC Danau Toba 2023, Langkah Indonesia Tuan Rumah WRC

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mendukung pelaksanaan Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023. Pagelaran ini dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kunjungan wisatawan.

oleh Reza Efendi diperbarui 17 Jan 2023, 14:36 WIB
Dukungan disampaikan Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, di Jakarta, Senin, 16 Januari 2023

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mendukung pelaksanaan Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023. Pagelaran ini dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kunjungan wisatawan.

Dukungan disampaikan Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, di Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

"Kita sampaikan terima kasih atas dukungan luar biasa Bapak Bamsoet dan bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amalia, terhadap APRC Danau Toba 2023," kata Harun, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Selasa (17/1/2023).

APRC Danau Toba rencananya akan digelar 2 putaran, yakni APRC series 3 berlangsung pada September 2023 dan series penutup APRC November 2023.

Diungkapkan Harun, pagelaran APRC tujuannya bukan semata-mata event olahraga internasional saja, namun sebagai ajang mempromosikan Danau Toba di mata dunia.

Kemudian, dampak ekonomi di sektor pariwisata sangat dirasakan pada pagelaran reli di Danau Toba tersebut. Mulai hunian kamar hotel yang penuh hingga omset restoran dan kafe di kawasan Parapat, Kabupaten Simalungun, meningkat drastis.

"Saya dan Pak Wagub punya keinginan kuat mengangkat proyek strategis nasional pariwisata di Indonesia. Dari lima strategis nasional, salah satunya Danau Toba," ucap pria yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut.

Disebutkan Harun, Moto GP di Mandalika, Formula E di Jakarta, dan World Rally Championship (WRC) diharapkan bisa kembali ke Danau Toba. APRC dan WRC sebagai sarana mendongkrak kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara datang ke Danau Toba.

"Kita juga mendapatkan dukungan luar biasa dari masyarakat Simalungun dan Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk reli Danau Toba," ujarnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Berhasil Gelar APRC 2022

Rifat Sungkar berhasil menjuarai Rally Danau Toba APRC 2022 yang sudah jadi penantian selama 12 tahun. (istimewa)

Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI, Bambang Soesatyo, bangga Indonesia mendapat kepercayaan melaksanakan 2 putaran APRC 2023 di Danau Toba. Sebab, berhasil melaksanakan APRC 2022 di Danau Toba, Simalungun.

"Kesuksesan APRC Danau Toba 2022 membuat Indonesia mendapatkan tawaran menyelenggarakan dua putaran APRC pada 2023, sekaligus memuluskan langkah Indonesia agar bisa menjadi tuan rumah WRC pada 2024, setidaknya 2025 mendatang," jelas Bamsoet dikutip dari akun Instagram @bambang.soesatyo.

"Sehingga semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pusatnya kejuaraan rally Asia dan dunia," lanjutnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, APRC Danau Toba 2022 yang diselenggarakan pada 23-25 September 2022 diikuti 65 pereli. Rifat Sungkar bersama co-driver Benjamin Searcy dari Mitsubishi X-Pander Rally Team berhasil menjadi Juara APRC Danau Toba 2022.

Sementara, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, dengan co-driver Hervian Soejono berhasil menempati posisi tercepat kedua. Posisi ketiga diraih pereli dari Team Jagonya Motorsport, Ricardo Galael bersama co-driver Rony M.

3 dari 3 halaman

Silaturahmi dengan Menpora

Musa Rajekshah mengendarai Skod Fabia di APRC 2022 Danau Toba (Reza Efendi/Liputan6.com)

Tidak hanya ke Bamsoet, sebelumnya Wagub Sumut, Musa Rajekshah, dan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, juga bersilaturahmi dengan Menpora Zainuddin Amalia di Kemenpora, Jakarta, Jumat 13 Januari 2023.

Pertemuan tersebut, juga membahas tentang persiapan APRC Danau Toba 2023. "Usai bertemu Menpora, Bapak Zainudin Amali, saya dan kawan-kawan IMI Sumut juga bertemu dan bersilaturahmi dengan Ketua IMI Pusat Pak Bambang Soesatyo (Bamsoet)," tulis Wagub Sumut, Musa Rajekshah, dikutip melalui akun pribadi Instagram @musa_rajekshah.

Pada pertemuan itu, Musa Rajekshah menyampaikan bahwa tahun ini Sumut kembali APRC 2023 Danau Toba, di Kabupaten Simalungun, Sumut. Selaku Pembina IMI Sumut, Ijeck, sapaan akrabnya, mengharapkan pelaksanaan WRC bisa kembali dilaksanakan di Sumut, khususnya di Danau Toba seperti pada 1996 dan 1997.

"Tujuannya semata-mata bukan untuk olahraga saja, melainkan juga untuk mengembangkan sport tourism. Mengingat Danau Toba juga sudah ditetapkan sebagai destinasi superprioritas," tulisnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya