Penambang Kripto di Kazakhstan Kini Mulai Bayar Listrik Lebih Mahal

Mulai 1 Januari, biaya listrik yang dikenakan pada penambang kripto di Kazakhstan dihitung berdasarkan skala progresif.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 08 Jan 2023, 19:24 WIB
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal 2023, penambang cryptocurrency yang beroperasi di Kazakhstan diwajibkan membayar biaya baru untuk tenaga yang dibutuhkan untuk mencetak koin digital.  

Melansir Bitcoin, ditulis Minggu (8/1/2023), biaya tambahan yang diperkenalkan pada 2021 sekarang bergantung pada harga listrik yang dikonsumsi oleh peternakan bitcoin dan bisa jauh lebih tinggi dari pungutan aslinya.

Mulai 1 Januari, biaya listrik yang dikenakan pada penambang kripto di Kazakhstan dihitung berdasarkan skala progresif. Biaya tambahan universal awal sebesar 1 tenge Kazakstan (USD 0,002) per kilowatt-jam (kWh), yang pertama kali diterapkan pada musim panas 2021, sekarang dapat mencapai 25 tenge (lebih dari USD 0,05).

Tarif dalam setiap kasus bergantung pada sumber dan harga energi listrik yang digunakan untuk mengekstraksi mata uang digital.  

Mekanisme baru untuk menentukan tarif diperkenalkan dengan undang-undang yang mengubah kode pajak negara yang ditandatangani Presiden Kassym Jomart Tokayev menjadi undang-undang pada Juli 2022.

Dasar retribusi adalah harga rata-rata listrik yang dikonsumsi oleh penambang selama masa pajak tertentu. Jika perusahaan membayar 24 tenge atau lebih per kWh, biaya minimal 1 tenge akan dikenakan, sesuai dengan skala tarif terbaru yang dikutip oleh Interfax Kazakhstan dan media lokal lainnya.

Tarif terendah juga akan ditawarkan ke pertanian kripto menggunakan energi terbarukan, tidak memperhitungkan biaya listrik. Kemudian, untuk energi yang dihasilkan dari sumber lain semakin murah daya yang digunakan, semakin berat beban pajaknya. Biayanya bisa mencapai 25 tenge per kWh, detail laporannya.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 5 halaman

Jadi Hotspot Penambangan

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Kazakhstan menjadi hotspot penambangan setelah tindakan keras China terhadap industri tersebut pada 2021, menarik penambang kripto dengan tarif listrik bersubsidi yang rendah. Masuknya perusahaan pertambangan telah dipersalahkan atas defisit listrik negara yang semakin besar.

Pihak berwenang di Nur-Sultan telah mengejar ladang penambangan yang tidak sah dan mengambil langkah-langkah untuk mengatur sektor ini secara lebih komprehensif.

Sebuah ketentuan dalam undang-undang baru yang diadopsi oleh parlemen Kazakhstan pada Desember bertujuan untuk mewajibkan penambang membeli kelebihan listrik di pasar yang dikendalikan pemerintah.

Proposal legislatif sebelumnya, yang diajukan oleh sekelompok anggota parlemen pada Oktober, membatasi penambangan hanya untuk perusahaan terdaftar. Hal ini juga memungkinkan entitas non-residen untuk menambang di negara tersebut selama mereka memiliki perjanjian dengan pusat data berlisensi lokal.

3 dari 5 halaman

Industri Penambangan Kripto Bakal Makin Terpukul pada 2023

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, industri penambangan kripto memulai 2022 dengan kuat terlihat dari modal yang cukup untuk berkembang, tetapi harga energi yang tinggi, persaingan yang meningkat untuk blok Bitcoin, dan pasar beruang menghantam para penambang, membuat industri ini semakin terpuruk.

Dilansir dari Yahoo Finance, Minggu (1/1/2023), sektor ini terguncang oleh kebangkrutan dan gagal bayar pinjaman. Pada 2023 sektor ini diprediksi akan menderita lebih dalam dibandingkan pada 2022. 

BACA JUGA:Bappebti Gandeng Aspakrindo Optimalkan Industri Kripto di Indonesia

Tahun baru kemungkinan akan membawa lebih banyak kesulitan, karena para penambang berjuang untuk meningkatkan neraca dan operasi mereka. 

Namun, itu juga akan memberikan peluang bagi mereka yang berada dalam posisi untuk membeli aset, serta bagi mereka yang dapat meningkatkan margin mereka dengan inovasi baru.

Para pelaku industri mengatakan banyak uang dihabiskan selama setahun terakhir untuk meningkatkan hashrate, ukuran daya komputasi pada jaringan Bitcoin, tetapi dalam banyak kasus, investasi tersebut tidak membuahkan hasil. 

Ini karena perusahaan menambah hutang untuk membiayai pertumbuhan hanya untuk melihat ekonomi penambangan kripto runtuh.

Kepala penambangan di penambangan kripto, Digital Currency Group, Juri Bulovic banyak penambang yang bertindak terlalu positif.          

“Mereka memproyeksikan bitcoin (BTC) akan mencapai USD 100.000 dan bahkan tidak mempertimbangkan harganya akan turun di bawah USD 20.000,” kata Juri Bulovic, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu, 1 Januari 2023.

Sebaliknya, menurut Bulovic pemberi pinjaman terlalu optimis sehingga banyak yang tidak dapat menilai dengan baik risiko yang terkait dengan pinjaman yang didukung rig penambangan mengingat ini adalah siklus pertama di mana pinjaman semacam itu diberikan.

 

4 dari 5 halaman

Pria di New York Menipu Berkedok Penambangan Kripto Rp 31,4 Miliar

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, seorang pria New York mengaku bersalah pada Selasa, 29 November 2022 karena menipu lebih dari selusin korban dengan total dana USD 2 juta atau sekitar Rp 31,4 miliar sebagai bagian dari penipuan penambangan kripto yang telah berlangsung lama.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (30/11/2022), Chester Chet Stojanovich, ditangkap oleh Biro Investigasi Federal (FBI) pada April 2022 dan didakwa dengan satu tuduhan penipuan kawat. 

Dari Maret 2019 hingga September 2021, Stojanovich berperan sebagai dealer peralatan penambangan kripto, meyakinkan pelanggan untuk membeli mesin penambangan melalui dia dan kemudian menerima pembayaran untuk mengatur layanan hosting di sebuah fasilitas di Goose Bay, Kanada.

Namun, fasilitas tersebut adalah fiksi dan Stojanovich malah menghabiskan uang pelanggan untuk pembelian mewah untuk dirinya sendiri, termasuk penerbangan jet pribadi, mobil limosin, pesta, hadiah untuk istrinya, dan bahkan melunasi USD 80.000 dari hutang kartu kredit pribadinya.

Stojanovich berusaha keras untuk meyakinkan pelanggannya skemanya sah, membeli sekitar 75 penambang dari Amazon dan Ebay dan menggunakan mereka sebagai alat peraga, mengirimkan foto dirinya bersama alat tambang ke pelanggan ketika mereka curiga.

 

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Stojanovich bahkan membawa seorang pelanggan, yang menuntut untuk melihat sendiri fasilitas hosting, dalam perjalanan darat 31 jam dari New York ke Goose Bay, hanya untuk menurunkannya di bandara Buffalo sebelum mereka mencapai perbatasan Kanada dan memberi tahu dia akan dapat melihat fasilitas atau menerima segala jenis pengembalian uang.

Pada September 2019, komunikasi Stojanovich dengan pelanggan menjadi gelap, hanya untuk dia muncul kembali dua bulan kemudian dan memberi tahu pelanggan bahwa pemilik fasilitas fiksi Goose Bay telah bangkrut dan melarikan diri dengan peralatan mereka.

Enam korban Stojanovich mengajukan gugatan terhadapnya pada Juni 2020 dengan tuduhan pelanggaran sipil, pelanggaran kontrak, penipuan, konversi, dan pengayaan yang tidak adil, tetapi ancaman gugatan tidak menghentikan Stojanovich untuk mencoba skema penipuan kedua.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya