Mendag Jamin Harga Cabai Tak Mahal di Musim Hujan, Ada Subsidi Pusat dan Daerah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan pemerintah terus mengendalikan harga pangan terutama cabai dan bawang di tengah cuaca ekstrem di musim penghujan ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2023, 10:31 WIB
Cabai merah dijual di pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/12/2022). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan, menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan sinergi untuk menjaga ketahanan pangan. Dia pun memastikan bahwa pasokan kebutuhan pangan yang berkualitas untuk masyarakat Jakarta dalam kondisi stabil, serta harga pangan tetap terjaga dan terjangkau oleh masyarakat Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan pemerintah terus mengendalikan harga pangan terutama cabai dan bawang di tengah cuaca ekstrem di musim penghujan ini. Pemerintah memastikan mengendalikan harga cabai dan harga bawang dengan mensubsidi angkutan pangan.

"Kalau mahal sekali kan transpor diganti. Sehingga harganya bisa terukur. Kalau lebih mahal lagi ya harganya disubsidi oleh pemerintah daerah dari anggaran 2 persen APBD," ujar Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (6/1/2022).

Sementara untuk wilayah Bali dan Jakarta, Zulkifli mengklaim pemerintah telah mensubsidi pangan. Khusus di Jakarta, malah telah mensubsidi daging dalam skala besar-besaran.

"(Jakarta) itu banyak sekali subsidinya. Sudah, kalau di Bali itu semua harga disubsidi," ujarnya.

Dia juga mengklaim, sejauh ini harga komoditas di Indonesia telah stabil. Meski dia juga tidak menampik ada kenaikan harga cabai mencapai 27 persen namun jika dilihat secara harga, masih di ambang batas wajar.

"Jangan salah, dulu Rp 120.000 sempat turun Rp 20.000, jadi kalau Rp 30.000 naik, 50 persen naiknya. Tapi masih Rp 30.000 begitu, masih jauh," ucapnya.

Diketahui, Kementerian Perdagangan mencatat harga cabai merah mengalami kenaikan hampir 23 persen jika dibandingkan pada bulan Desember 2022. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kasan, mengatakan, kondisi ini ditengarai faktor cuaca.

"Berdasarkan pantauan SP2KP Kemendag per 2 Januari 2023, secara nasional dibandingkan bulan lalu harga cabai mengalami kenaikan antara 3,94 persen hingga 22,92 persen," ujar Kasan kepada merdeka.com, Selasa (3/1/2022).

 

2 dari 3 halaman

Komoditas Rentan

Aktivitas pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (14/12/2022). Telur ayam ras terpantau naik menjadi Rp 31.250 per kg, bawang merah menjadi Rp 38.200 per kg, cabai rawit merah menjadi Rp 54.600 per kg, cabai rawit hijau menjadi Rp 46.500 per kg, dan minyak goreng curah Rp 15.000 per kg. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kasan menuturkan komoditi pangan hortikultura seperti cabai dan bawang merah memang rentan terpengaruh oleh kondisi cuaca khususnya pada masa musim penghujan. Produk hortikultura, ujar Kasan, cenderung mudah rusak (perishable), ditambah kecenderungan pola konsumsi masyarakat yang sangat meminati cabai dan bawang merah segar.

Poduksi cabai terutama di sentra seperti Jatim dan Jateng cenderung juga menurun akibat cuaca ekstrim. Selain itu, serangan jamur akibat kelembaban tinggi dan pH tanah menurun juga menjadi penyebab melambungnya harga cabai merah.

Meski sesama pangan hortikultura, Kasan menyampaikan harga bawang tidak mengalami kenaikan signifikan.

"Untuk harga bawang merah dibandingkan dengan bulan lalu mengalami sedikit kenaikan di angka 2,16 persen dan jika dibandingkan dengan minggu lalu, harga bawang merah stabil," ucapnya.

Dia memastikan bahwa Kemendag melakukan sejumlah langkah jangka pendek hingga panjang untuk menstabilisasi harga.

Untuk jangka pendek, Kemendag berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memastikan ketersediaan terutama daerah defisit dengan pasokan dari daerah surplus. Selanjutnya, memanfaatkan program Gerai Maritim, Tol Laut dan Jembatan Udara untuk menekan biaya transportasi di daerah 3T.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi Penyimpanan

Satu hari menjelang penghujung 2022, pasokan cabai terpantau aman dan harga relatif terkendali.

Upaya jangka panjang yaitu mendorong pemanfaatan teknologi penyimpanan seperti Controlled Atmosphere Storeage - CAS yang dapat memperpanjang masa simpan serta mendorong perubahan pola konsumsi menuju konsumsi produk olahan cabai.

"Selain itu, sejumlah daerah telah mengintensifkan Gerakan Menanam untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga," kata Kasan.

Dan secara kontinyu, Kasan memastikan Kemendag terus mengecek secara langsung kondisi harga di berbagai pasar tradisional untuk memastikan ketersediaan pasokan dan kestabilan harga.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya