Hoaks Seleksi Calon Karyawan Pertamina Jadi Modus Penipuan, Simak Ciri-Cirinya

Pengumuman rekrutmen dan informasi seleksi pekerja yang dilakukan Pertamina selalu disampaikan melalui saluran resmi perusahaan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 27 Des 2022, 19:00 WIB
Beredar kabar surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina (Persero), dalam surat tersebut peserta diminta untuk mentrasfer uang.

Liputan6.com, Jakarta- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pengumuman tes seleksi perekrutan karyawan yang dibagikan tidak menggunakan saluran resmi perusahaan adalah informasi yang tidak benar atau hoaks.

Pjs Vice President Corporate Communications Pertamina Heppy Wulansari menjelaskan, informasi yang beredar saat ini terkait tes seleksi calon karyawan bukan bersumber dari saluran resmi perusahaan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Pengumuman rekrutmen dan informasi seleksi pekerja yang dilakukan Pertamina selalu disampaikan melalui saluran resmi perusahaan seperti website dan akun media sosial resmi," kata Heppy, di Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Pertamina meminta masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap kemungkinan adanya motif penipuan dalam informasi tersebut yang mengatasnamakan Pertamina.

"Untuk itu, mohon dapat diabaikan dan berhati-hati terhadap penipuan," ujar Heppy.

Calon pelamar, tambah Heppy hanya mendaftar melalui website resmi Pertamina yaitu https://recruitment.pertamina.com dan langsung dapat mendaftar dalam website tersebut. Bagi calon pelamar yang memenuhi klasifikasi persyaratan, maka akan secara resmi diemail oleh Pertamina dengan alamat email yang sama.

“Seluruh program rekrutasi Pertamina tidak dipungut biaya. Sekali lagi hati-hati, jika ada yang meminta uang sebagai syarat untuk pendaftaran,” tandas Heppy.

Untuk pengaduan dan mendapatkan informasi resmi bisa menghubungi Pertamina Call Center 135.

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya