Apa Itu Super Ballon d'Or yang dikaitkan dengan Lionel Messi?

Trofi Super Ballon d'Or saat ini tengah menjadi topik yang ramai dibicarakan di kalangan pecinta sepak bola. Terutama setelah Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 dan pemain sepak bola Lionel Messi pun menjadi perbincangan karena bisa mendapatkan trofi tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 23 Des 2022, 19:32 WIB
Benzema berjasa besar membawa Real Madrid berjaya di sepanjang musim 2021/2022 dengan meraih sederet gelar, mulai dari La Liga, Liga Champions, hingga Piala Super Eropa. (AP/Francois Mori)

Liputan6.com, Bandung - Trofi Super Ballon d'Or saat ini tengah menjadi topik yang ramai dibicarakan di kalangan pecinta sepak bola. Terutama setelah Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 dan pemain sepak bola Lionel Messi pun menjadi perbincangan karena bisa mendapatkan trofi tersebut.

Penghargaan Super Ballon d'Or merupakan sebuah trofi yang sangat bergengsi dan tidak bisa didapatkan dengan sembarangan. Bahkan, penghargaan ini sebelumnya hanya untuk pemain Eropa saja.

Adapun Lionel Messi ramai dibicarakan sebagai pemain sepak bola yang saat ini layak untuk mendapatkan trofi tersebut terutama jika dinilai dari berbagai prestasi yang telah ia dapatkan.

Apa Itu Super Ballon d'Or

Melansir dari sportsadda Ballon d'Or adalah ajang penghargaan sepak bola tahunan yang dipersembahkan oleh sebuah majalah sepak bola Prancis yaitu France Football sejak tahun 1956.

Pertama kali penghargaan ini dibuat oleh jurnalis Gabriel Hanot dan Jacques Ferran dan awalnya penghargaan tersebut diberikan kepada para pemain laki-laki terbaik dari pemungutan suara berbagai jurnalis sepak bola, tetapi kemudian cara pemilihan pemenangnya pun diubah.

Penghargaan ini bahkan sebelum tahun 1995 hanya diberikan kepada pemain Eropa dan dikenal sebagai "European Footballer Award of The Year" namun kemudian persyaratannya diubah pada 1995 dengan penghargaan pertama dari pemain Liberia George Weah yang mendapatkan Ballon d'Or pertama.

Penghargaan ini juga tidak hanya didapatkan oleh pemain bola laki-laki saja namun juga pemain bola perempuan. Penghargaan untuk perempuan ini digelar pada tahun 2018 dengan versi pemain perempuan bernama Ballon d'Or Feminin.

Adapun Super Ballon d'Or merupakan salah satu penghargaan yang sangat langka karena penghargaan ini hanya diberikan kepada pemain yang dinilai mampu tampil impresif dalam 30 tahun terakhir kariernya. Penghargaan tersebut juga hanya pernah diraih oleh satu orang yaitu pemain legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano pada 1989.

Maka dari itu tidak heran Messi mulai dikaitkan menjadi salah satu pemain yang bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Adapun mulai ramai dibicarakan oleh publik karena dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya