Tampil Gemilang di Piala Dunia 2022, Cody Gakpo Menanti Kesempatan Hijrah ke MU

Cody Gakpo menjadi salah satu pemain Belanda yang bersinar di Piala Dunia 2022, usut punya usut penggawa PSV Eindhoven itu tengah menanti kesempatan untuk pindah ke Manchester United (MU).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 28 Nov 2022, 05:07 WIB
Pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang Timnas Senegal dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Liputan6.com, Jakarta - Cody Gakpo menjadi sosok berjasa bagi Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Pemain PSV Eindhoven itu tercatat sudah dua kali menyumbangkan gol bagi Oranje, yakni di laga kontra Senegal dan Ekuador.

Penampilan Gakpo memang terbilang moncer sepanjang musim ini. Sebelum gemilang di ajang sepak bola empat tahunan, penggawa kelahiran 1999 tersebut sudah lebih dulu mencuri perhatian di level klub.

Transfermarkt mencatat Gakpo sanggup mengoleksi 13 gol dan 17 assist bagi PSV musim ini. Capaian tersebut mengantarnya menjadi salah satu penggawa paling menonjol yang dimiliki klub asal Belanda.

Usut punya usut, Gakpo sempat menjadi subjek ketertarikan sejumlah tim Liga Inggris. Laporan mengeklaim sang pemain nyaris beragabung dengan Leeds United dalam bursa transfer musim panas kemarin.

Akan tetapi, Gakpo akhirnya batal berangkat ke Elland Road. Ia memilih bertahan di Eindhoven pada hari tenggat waktu jendela transfer.

Penolakan serupa juga pernah terjadi pada Southampton. Klub berjuluk The Saints itu bersedia memecahkan rekor transfer demi mengamankan tanda tangan Gakpo. Namun, kesepakatan dengan pemain internasional Belanda gagal terealisasi.

Mantan Direktur Teknis PSV John de Jong mengungkap, Gakpo sebenarnya sedang menanti kepindahan ke klub Premier League lainnya. Alih-alih Leeds United dan Southampton, penggawa berusia 23 tahun konon lebih tertarik gabung dengan Manchester United (MU).

“Cody sudah menanti cukup lama untuk menyelesaikan transfer ke Manchester United, dan sepertinya momen itu akan segera datang,” ungkapnya kepada NOS pada Minggu (27/11/2022), seperti dilansir dari Metro.

“Seminggu sebelum akhir jendela transfer, saat itu dia (Gakpo) memiliki dua opsi di Premier League. Dia membuat pilihan sendiri. Akhirnya, saya berdiskusi dengan para dewan (untuk memutuskan) apakah dia akan dijual atau tidak. Saya pikir memang lebih baik baginya untuk tinggal (di PSV),” sambung De Jong.

2 dari 4 halaman

Dekat dengan MU

Pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo (kiri) terjatuh usai berebut bola dengan pemain Timnas Senegal, Nampalys Mendy dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Gakpo kini dikabarkan sudah makin dekat dengan MU. Metro mengeklaim manajer Setan Merah Erik ten Hag telah menjadikan sang pemain sebagai target incaran utama di jendela transfer Januari, menyusul kepergian Cristiano Ronaldo dari Old Trafford.

Hal yang mirip juga disampaikan oleh Football Insider. Pemberitaan mereka menyebut sang raksasa Liga Inggris berpotensi mengalahkan klub-klub peminat lain dalam perlombaan untuk mendapatkan tanda tangan Gakpo.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa Gakpo masih terikat kontrak di Stadion Philips hingga 2026. MU perlu menggelontorkan biaya transfer setidaknya 30 juta euro jika ingin memboyong pemain Timnas Belanda ke Old Trafford.

3 dari 4 halaman

Jebolan Akademi PSV

Gelandang PSV Eindhoven Cody Gakpo (kiri) berebut bola dengan bek AS Monaco Vanderson dalam pertandingan leg kedua putaran ketiga kualifikasi Liga Champions di Stadion Philips, Rabu (10/8/2022) dini hari WIB. (Olaf Kraak / ANP / AFP)

Sekadar informasi, Cody Gakpo merupakan jebolan akademi PSV. Ia mengawali kariernya di level junior sejak 2007. Gakpo kini tercatat telah mengumpulkan 55 gol dan 50 assist dalam 159 pertandingan untuk klub di semua turnamen.

Pemain asal Belanda juga sukses memenangkan KNVB-Beker bersama timnya pada musim 2021/2022, sebelum mencetak 13 gol dan 17 assist yang mengesankan dalam 24 pertandingan untuk pasukan Ruud van Nistelrooy sepanjang paruh pertama 2022/2023.

Adapun Gakpo kini bermain sebagai penyerang sayap kiri untuk PSV. Walau begitu, ia mampu mengambil posisi sebagai penyerang tengah atau sayap kanan.

Gakpo juga bisa bermain dalam peran nomor 10. Pesepak bola berusia 23 tahun itu cukup akrab dengan posisi tersebut ketika berkiprah di Timnas Belanda.

4 dari 4 halaman

Pujian untuk Gakpo

Penyerang Belanda, Cody Gakpo (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Ekuador pada pertandingan grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022). Belanda bermain imbang dengan Ekuador dengan skor 1-1. (AP Photo/ Martin Meissner)

Eks direktur teknis PSV John de Jong menyadari kualitas yang dimiliki Gakpo, baik saat mentas bersama klub maupun di level internasional. Ia pun mengaku menikmati penampilan sang pemain di ajang Piala Dunia 2022.

“Saya pikir perkembangannya sangat bagus. Dia melanjutkan hal sudah yang dia mulai di PSV musim ini,” ujar De Jong, seperti dikutip dari Metro.

“(Penampilan) dia sangat efektif dan pasti. (Hal itu) juga berlaku di Piala Dunia. Saya sangat menikmati saat menonton (pertandingannya),” pungkas dia.

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya