Twitter Uji Coba ‘NFT Tweet Tiles’ Usai Elon Musk Akuisisi

Pada Januari 2022, Twitter meluncurkan alat verifikasi NFT platform media sosial, yang memungkinkan pelanggan berbayar Twitter Blue untuk mengunggah NFT.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 30 Okt 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Liputan6.com, Jakarta - Twitter berencana meluncurkan fitur baru yang disebut 'NFT Tweet Tiles', panel terpisah dalam tweet yang menampilkan token non-fungible (NFT) dan pasar yang mencantumkan NFT spesifik yang dibagikan.  

Konsep NFT baru diharapkan akan segera dirilis, untuk mempengaruhi pengalaman Tweet. Hal itu diungkapkan oleh pengembang Twitter pada 27 Oktober.

Mengutip Bitcoin ditulis Minggu (30/10/2022), setelah Elon Musk secara resmi mengambil alih Twitter, tim pengembangan media sosial membuat tweet bahwa perusahaan tersebut bertujuan untuk segera menghapus fitur yang disebut NFT Tweet Tiles. 

"Sekarang pengujian: NFT Tweet Tiles. Beberapa tautan ke NFT di [Rarible], [Magic Eden], [Dapper Labs], dan [Jump.trade] sekarang akan menunjukkan kepada Anda gambaran NFT yang lebih besar bersama detail seperti judul dan pembuatnya. Satu langkah lagi dalam perjalanan kami untuk memungkinkan pengembang memengaruhi pengalaman Tweet," tweet akun @twitterdev.  

NFT Tweet Tiles membagikan judul token yang tidak dapat dipertukarkan dan nama pembuatnya di samping gambar koleksi digital. Dari pasar yang saat ini didukung, fitur baru Twitter akan mendukung Ethereum, Immutable X, Flow, Polygon, Solana, dan Tezos.  

Twitter telah bergerak menuju solusi cryptocurrency dan blockchain sejak tahun lalu. Pada 23 September 2021, Twitter mulai meluncurkan fitur tips perusahaan, yang memungkinkan pengguna memberi tip ke akun favorit mereka dengan bitcoin atau tip tunai.

Pada Januari 2022, Twitter meluncurkan alat verifikasi NFT platform media sosial, yang memungkinkan pelanggan berbayar Twitter Blue untuk mengunggah NFT mereka sebagai gambar profil.  

Alat otentikasi dan profil NFT bekerja dengan dompet Web3 Metamask, Argent, Coinbase Wallet, Trust Wallet, Ledger Live, dan Rainbow. Twitter bukan satu-satunya perusahaan media sosial yang bekerja dengan media blockchain karena Meta telah menerapkan NFT lintas pos di Instagram dan Facebook.

The NFT Tweet Tiles baru Twitter tampaknya memperluas logo segi enam perusahaan dan sistem verifikasi NFT.  

Selama 12 bulan terakhir penjualan NFT telah turun secara signifikan dan statistik 30 hari menunjukkan volume penjualan NFT turun 22,01 persen lebih rendah dari bulan sebelumnya.  

Selama bulan lalu, penjualan NFT senilai USD 423,91 juta (asumsi kurs Rp 15.554 per dolar AS) atau Rp 6,59 telah diselesaikan dan penjualan sepanjang waktu melampaui angka USD 40 miliar atau Rp 622,16 triliun bulan ini.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 4 halaman

Pertamina di Dunia, Sebuah Rumah Dijual sebagai NFT

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Sebelumnya, Non Fungible Token (NFT) masih populer hingga saat ini meski nilainya berfluktuasi. Berbagai hal mulai dari video hingga sebuah Tweet telah dijual sebagai koleksi digital. Sekarang, koleksi digital ini mulai merambah ke industri properti.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat, 28 Oktober 2022, pertama kali nya di dunia, sebuah NFT dari rumah dunia nyata di Columbia, Carolina Selatan dijual seharga USD 175.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar. 

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur dan baru saja direnovasi, menampilkan ruang tamu besar dan area ruang makan lengkap dengan dapur bergaya dapur dan teras walkout.

Menurut keterangan di pasar NFT Roofstock onChain, penjual menuliskan Properti sewaan dijual di pasar NFT dengan mentransfer identitas Home onChain ke alamat Ethereum yang dimiliki oleh pembeli rumah, Adam Slipakoff.

Cara Kerja Kepemilikan Rumah NFT

Perusahaan yang ingin menjual rumah membuat NFT yang mewakili kepemilikan rumah. Siapa pun yang membeli NFT itu kemudian memiliki kepemilikan properti. Meskipun pembeliannya digital, kepemilikannya juga diakui di dunia nyata. Dalam arti lain, siapa pun yang memiliki NFT akan memiliki rumah fisik di dunia nyata.

Pembelian bersejarah ini menandai awal dari apa yang berpotensi menjadi masa depan real estat sebagai NFT, mungkin membuka pintu untuk melakukan pembelian kripto untuk real estat sebagai sumber pendanaan yang layak.

 

3 dari 4 halaman

Volume Penjualan Koleksi NFT Reddit Melonjak, Kalahkan Bored Ape

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Sebelumnya, tiga koleksi Non Fungible Token (NFT) Reddit masuk dalam 10 proyek NFT teratas di OpenSea pada Selasa, 25 Oktober 2022. Hal ini menegaskan kembali daya tarik besar untuk aset digital yang belakangan ini tengah merosot.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (26/10/2022), menurut data dari pasar sekunder NFT OpenSea, koleksi NFT Reddit mengungguli proyek-proyek NFT blue chip populer selama beberapa jam terakhir. 

Spooky Season, serangkaian avatar yang dibuat oleh pengguna Reddit, saat ini memiliki volume perdagangan 538 ETH (Rp 11,8 miliar) menempatkannya tepat di belakang koleksi NFT yang berkuasa Bored Ape Yacht Club di 642 ETH (Rp 14,1 miliar). 

Menurut OpenSea, koleksi NFT Spooky Season mengalami peningkatan 121 persen selama 24 jam terakhir.

Proyek Reddit lainnya, termasuk koleksi avatar The Senses x Reddit dan Foustlings x Reddit, juga masuk ke 10 posisi teratas pada Selasa pagi, bergabung dengan jajaran NFT  Ringers oleh Dmitri Cherniak dan Chromie Squiggles.

Menurut data dari platform data blockchain Dune analytics, Reddit NFT telah meraup lebih dari USD 6,5 juta total volume penjualan hingga saat ini.

Reddit membuka pasar NFT pada Juli, merilis avatar gambar profil (PFP) berbasis Polygon berdasarkan logo jejaring sosial. Pekan lalu, platform tersebut melaporkan pengguna telah membuka 2,5 juta dompet di dalam pasar sejak dirilis.

Pengguna Reddit dengan nama, TheRedditAvatarWhale, mengklaim telah menghabiskan USD 50.000 untuk avatar Reddit, menulis dalam posting Reddit pada Selasa daya tarik mengumpulkan NFT Reddit adalah bagaimana mereka "menyederhanakan" proses pengumpulan NFT untuk audiens yang lebih utama.

 

4 dari 4 halaman

Marketpace NFT Coinbase Bakal Buka Layanan untuk Semua Pengguna

Ilustrasi NFT (Foto: Arstin Chen on Unsplash)

Sebelumnya, Coinbase Global kini resmi membuka pasar Non Fungible Token (NFT) untuk semua pengguna. Pertukaran cryptocurrency AS mengatakan dalam sebuah posting Twitter beberapa hari lalu. 

Coinbase sebelumnya telah meluncurkan marketplace NFT ini untuk pengguna tertentu di Amerika Serikat. Coinbase juga mengatakan pasar NFT-nya sedang dalam tahap beta dan perusahaan masih berupaya menambahkan lebih banyak fitur ke platform.

Pertama kali diumumkan pada Oktober tahun lalu, platform dibuka untuk "sejumlah  kecil" pengguna di AS pada April dan perusahaan pada saat itu mengatakan lebih banyak pengguna akan ditambahkan dari daftar tunggu selama tiga hingga lima minggu ke depan sementara platform dalam masa uji coba.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (21/10/2022), menurut data dari situs analitik kripto Dune, pasar Coinbase memiliki kurang dari 900 total transaksi sejak diluncurkan pada 20 April. 

Total volume perdagangan di pasar pada waktu itu adalah 73 ETH sekitar USD 217.000 atau setara Rp 3,1 triliun, dengan sekitar 650 pengguna sejauh ini bertransaksi di platform marketplace NFT Coinbase.

Statistik penggunaan yang rendah kemungkinan dapat dikaitkan dengan fakta Coinbase hanya memberikan sebagian kecil dari akses daftar tunggu tiga juta orangnya ke platform. 

NFT adalah jenis aset digital, yang menggunakan teknologi blockchain untuk merekam kepemilikan file digital seperti gambar, video, atau teks. Popularitas aset tersebut meroket pada 2021, tetapi pertumbuhannya telah menunjukkan tanda-tanda pendinginan akhir-akhir ini.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya