Segini Biaya Servis Yamaha Fazzio untuk Tahun Pertama

Sebelum membelinya, alangkah lebih baik untuk mengetahui biaya servis Yamaha Fazzio. Tujuannya tentu untuk mengalkulasi seberapa besar biaya kepemilikan, khususnya selama perawatan berkala di bengkel resmi

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Sep 2022, 15:58 WIB
Servis Yamaha Fazzio di bengkel resmi. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum membelinya, alangkah lebih baik untuk mengetahui biaya servis Yamaha Fazzio. Tujuannya tentu untuk mengalkulasi seberapa besar biaya kepemilikan, khususnya selama perawatan berkala di bengkel resmi.

Dijelaskan oleh Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom. Pada dasarnya Yamaha Fazzio memiliki kemiripan dengan skutik bermesin 125 cc Yamaha yang lain, baik dari segi mesin internal hingga kaki-kakinya. Maka bisa dibilang biaya servisnya tak ada berbeda jauh.

"Sama saja dengan yang lainnya (matik Yamaha 125 cc). Termasuk untuk harga part fast moving-nya mirip-mirip lah dengan Yamaha Freego," ungkap Slamet, belum lama ini.

Slamet melanjutkan, setelah unit menempuh jarak 1.000 km wajib untuk melakukan servis. Kemudian durasi dari servis pertama, ke-2, ke-3, ke-4, dan selanjutnya menggunakan jarak hitungan 3.000 km atau 3 bulan sekali.

Untuk diketahui, seluruh ongkos jasa servis ditanggung oleh Yamaha Indonesia hingga waktu servis ke-4 atau ketika mencapai jarak 10 ribu km.

Di servis pertama pemilik tidak dibebankan untuk biaya jasa dan penggantian oli mesin, namun di servis ke-2, ke-3, dan ke-4 jasa servis saja yang dicover namun untuk penggantian part atau pelumas akan dibebankan kepada pemilik.

Maka di servis ke-2 Anda akan mengeluarkan biaya untuk pembelian oli mesin dan oli gardan CVT. Oli mesin yang digunakan adalah Yamalube Power Matic (0,8L) seharga Rp 47,5 ribu dan oli gardan (140 ML) Rp 16 ribu.

Saat servis ke-3 Anda perlu mengeluarkan uang Rp47,5 ribu saja untuk membeli oli mesin. Tak ada penggantian oli gardan dan masih dapat jasa gratis servis.

Setelah Fazzio Anda menempuh 10 ribu kilometer atau di servis ke-4, pemilik disarankan untuk mengganti kembali pelumas mesin dan oli gardan. Total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 63,5 ribu.

Masuk servis ke-5 atau angka odometer sudah menunjukkan 13 ribu kilometer Anda sudah tak akan lagi mendapat servis gratis. Di sini akan dibebankan biaya servis, penggantian oli mesin, filter udara, dan kampas rem belakang.

Maka uang yang harus dikeluarkan adalah Rp 231,5 ribu. Khusus kampas rem bersifat situasional tergantung pemakaian, bisa saja tidak diganti atau sudah diganti sejak servis ke-3.

 

2 dari 2 halaman

Total Biaya Servis Yamaha Fazzio pada Tahun Pertama

Setelah ditotal, biaya servis Yamaha Fazzio selama 1 tahun pemakaian mencapai Rp406 ribu. Harga ini meliput 4 kali penggantian oli mesin, 2 kali ganti oli gardan, 1 kali penggantian kampas rem, 1 kali ganti filter udara, dan 1 kali biaya jasa servis.

Di bawah ini adalah beberapa harga komponen fast moving dari Yamaha Fazzio Hybrid. Namun perlu dicatat banderol yang disertakan berstatus Harga Eceran Disarankan (HED), yang artinya bisa saja berbeda di tiap domisili atau wilayah.

HED (Harga Eceran Disarankan) part fast moving:

Oli Mesin: Rp 47.500

Oli CVT: Rp 16.000

Jasa Servis: Rp 85.000

Busi: Rp 13.500

Kampas Rem Depan: Rp 60.000

Kampas Rem Belakang: Rp 56.000

Filter Udara: Rp 43.000

V-Belt: Rp 90.000.

Sumber: Oto.com

Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya