Jarang Terjadi, Paskah, Pesakh dan Ramadhan Tiba Bersamaan

Kedua hari raya itu jatuh pada bulan Ramadhan, bulan suci umat Muslim. Suatu peristiwa yang jarang terjadi karena perbedaan kalender Masehi dan kalender Islam.

Oleh DW.com diperbarui 18 Apr 2022, 03:00 WIB
Ilustrasi puasa, bulan Ramadan. (Photo Copyright by Freepik)

, Jakarta - Indahnya keberagamaan beragama begitu terasa pada momen Ramadhan 2022. Saat dua hari raya umat Kristiani dan Yahudi berlangsung di periode tersebut.

Mengutip DW Indonesia, Senin (18/4/2022), mulai Jumat 15 April umat Kristen memperingati Paskah, peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus. Sedangkan umat Yahudi memperingati Pesakh, peristiwa eksodus dari Mesir dan berakhirnya "masa perbudakan" di bawah kekuasaan Firaun.

Kedua hari raya itu jatuh pada bulan Ramadhan, bulan suci umat Muslim. Suatu peristiwa yang jarang terjadi karena perbedaan kalender Masehi dan kalender Islam.

Kalender Masehi yang berorientasi pada rotasi matahari dalam satu tahun terdiri dari 365 atau 366 hari, sedangkan kalender Islam yang berorientasi pada rotasi bulan siklus satu tahun adalah 354 hari.

Lain lagi dengan agama Kristen Ortodoks, yang merayakan Paskah seminggu kemudian. Mereka menggunakan perhitungan kalender lain, karena menolak sistem kalender Gregorian yang umum digunakan sekarang.

Perayaan Pesakh, Paskah, Ramadhan "intensif” di Yerusalem

Yerusalem mungkin menjadi satu-satunya kota, di mana ketiga agama samawi merayakan hari besarnya secara intensif. Di sinilah orang bisa merasakan bagaimana umat ketiga agama bersama menanti-nantikan hari besarnya, kata Nikodemus Schnabel, pastor Katolik yang sejak lama tinggal di pinggiran Kota Tua di Yerusalem.

"Kota ini sekarang sudah dipenuhi peziarah dari berbagai negara dan agama. Sepertinya setelah pembatasan corona dicabut, semua punya kebutuhan besar untuk merayakannya bersama-sama."

Selama beberapa hari, para peziarah akan berkeliling Kota Tua sambil berdoa. Hari Jumat masjid biasanya penuh dengan umat yang ingin melakukan sholat. Sedangkan umat Yahudi akan mendatangi Tembok Ratapan.

Bagi para penjaga keamanan di Yerusalem, hari-hari itu adalah hari-hari yang menuntut kerja keras.

Tapi perayaan Paskah belum berakhir minggu ini, karena umat Kristen Ortodoks merayakannya baru minggu depan.

Tahun 1582 Paus Gregor XIII menetapkan pembaruan kalender dan kalender sesudah itu dinamakan Kalender Gregorian. Tapi hal itu ditolak oleh kaum Ortodoks, yang tetap menggunakan sistem kalender yang lama.

 

 

2 dari 4 halaman

Perayaan Persaudaraan dan Kemanusiaan

Ilustrasi Paskah. (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Karena kalender Islam lebih pendek, Ramadhan dan hari Lebaran selalu "berjalan" di sepanjang kalender dan bisa melalui setiap bulan dan setiap musim. Ini peluang untuk mengalami Ramadhan pada semua musim, kata juru bicara Dewan Koordinasi Islam Jerman Abdassamad El Yazidi kepada DW.

Selain itu, dia menambahkan, Ramadhan juga bisa terjadi bersamaan dengan semua hari raya besar agama lain. "Ini bisa mengingatkan kepada kita, bahwa semua manusia bersaudara dalam kemanusiaan, dan kita semua harus berusaha mencapai kebaikan."

Hari Raya Paskah dan Pesakh memang selalu berdekatan sekitar bulan April, tapi jarang terjadi pada tanggal yang sama. Perbedaan ini terjadi karena sejak tahun 325 Masehi, perayaan Paskah selalu dijadwalkan pada hari Minggu, sedangkan Pesakh bisa terjadi pada hari apa saja, sesuai perhitungan waktu.

 

3 dari 4 halaman

Wagub DKI Sebut Paskah Dalam Suasana Ramadan Bagian Keberagaman Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Ist)

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengunjungi kegiatan peribadatan Hari Paskah Tahun 2022 yang diselenggarakan Gereja Katolik Bunda Hati Kudus, Jakarta Pusat, dan Gereja Stella Maris, Jakarta Utara, Sabtu (16/4/2022) malam WIB.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan rangkaian kegiatan peribadatan hari Paskah yang berlangsung khidmat, damai, penuh kebersamaan, dan kerukunan.

"Terima kasih kepada umat Kristiani khususnya panitia yang bertugas di Gereja dan petugas lintas dinas, aparat keamanan, serta warga yang telah menyukseskan peringatan, sehingga aman dan lancar," kata Wagub DKI dalam keterangannya, Minggu (17/4/2022).

Riza menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh umat Kristiani di Kota Jakarta yang tengah merayakan Paskah tahun 2022. "Kami turut bahagia. Mari terus bergerak untuk membantu sesama, menjaga bumi, merawat dan memuliakan kehidupan. Terima kasih dan hormat kami. Paskah dalam suasana Ramadan, sungguh indah keberagaman di Kota Jakarta," ujarnya.

Wakil Anies Baswedan ini juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Kota Jakarta juga dapat senantiasa berkolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga keamanan dan stabilitas kota.

"Jakarta selalu aman dan mari kita jaga. Sehingga seluruh umat beragama dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan khusyuk. Semakin seseorang menjaga ibadahnya, maka semakin meningkat pula keimanan dan ketakwaannya," ucap Riza.

"Dan pasti semakin bisa memberikan dampak bagi diri dan lingkungan sehingga tercipta kebahagiaan di seluruh warga Jakarta," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Jokowi: Selamat Paskah, Semoga Bahagia dan Damai Bersama Kita

Ilustrasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Paskah. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari perayaan Paskah kepada semua umat Kristiani di Indonesia.

Ucapan tersebut diunggah di akun media sosial Instagram milik Jokowi, @jokowi Minggu (17/4/2022). Dia berharap, perayaan Paskah ini bisa menjadi momen kebangkitan dari kesulitan.

"Cinta kasih, kebersamaan, dan pengorbanan telah menjadi bekal kita untuk bangkit melalui masa-masa yang sulit ini," ujar Jokowi.

Dia juga berharap agar seluruh umat Kristiani merasakan kebahagiaan dan kedamaian di Hari Kebangkitan Yesus Kristus ini.

"Selamat bersukacita merayakan Paskah, semoga kebahagiaan dan kedamaian senantiasa bersama kita," kata Jokowi.

Sebelumnya, keyword Selamat Paskah dan Happy Easter menjadi trending topic di Twitter. Pantauan Tekno Liputan6.com di lini masa Twitter, keyword Selamat Paskah, Happy Easter, dan Kristus sudah dicuitkan oleh ribuan pengguna platform media sosial tersebut.

Hingga berita ini di-publish, keyword Selamat Paskah sudah dicuitkan sebanyak 5,356 cuitan. Sementara Happy Easter sudah di twitt sebanyak 318 ribuan.

Paskah di Gereja Katedral

Sementara, demi menjaga keamanan perayaan Hari Raya Paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, personel gabungan dikerahkan. Kapolsek Sawah Besar, Kompol Maulana Mukarom menerangkan, pihaknya menyiapkan 100 personel gabungan TNI dan Polri serta Satpol PP.

"Kami Polsek Sawah Besar melakukan pengamanan. Adapun, personel diturunkan ada 100 personel gabungan. Kami terima BKO dari Polda Metro Jaya serta dari rekan-rekan TNI, Satpol PP ikut bersama-sama melakukan pengamanan," kata Maulana dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Maulana menerangkan, pihaknya telah melakukan sterilisasi sejak pukul 08.00 WIB. Dalam hal ini, turut dilibatkan unit Jibom SatBrimob Polda Metro Jaya unit K-9 untuk melakukan penyisiran di wilayah sekitar Gereja Ketedral.Sejauh ini, pelaksanaan rangkaian perayaan Paskah di Gereja Katedral berlangsung kondusif.

"Pelaksanaan kondusif alhamdulilh dan kami pastikan pengguna jalan juga tidak ada kemacetan sementara tidak ada rekayasa lalu lintas masyarakat diimbau agar tidak berhenti di pintu utama dari gereja katedral untuk turunkan jemaat yang ingin melaksanakan ibadah," tandas dia.

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya