Erick Thohir Janji Dukung Penuh Serikat Pekerja PLN: Kita Satu Keluarga

Menteri BUMN Erick Thohir meminta para pekerja PLN bisa bekerja secara optimal membangun perusahaan energi tersebut.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 08 Apr 2022, 12:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Menyapa Serikat Pekerja dan Milenial PLN, Kamis (7/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi Kantor PLN Pusat dan berbincang langsung dengan para pekerja PLN yang tergabung dalam Serikat Pekerja PLN serta pekerja milenial perusahaan pelat merah tersebut dalam acara bertajuk Menteri BUMN menyapa SP PLN dan Milenial, Kamis 7 April 2022, kemarin.

Selain Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, turut hadir Ketua Umum DPP Serikat Pekerja PLN Muhammad Abrar Ali dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) SP PLN Bintoro Suryo Sudibyo MM.

Pada awal sambutan, Mantan Bos Inter Milan tersebut mengatakan bahwa dirinya sempat mendapatkan cerita jika dahulu posisi Serikat Pekerja PLN sering berseberangan dengan Menteri BUMN dan Dirut PLN.

Namun, saat ini Erick Thohir menjamin hal tersebut tidak lagi terjadi selama dirinya menjabat sebagai Menteri BUMN.

"Dirut (PLN) bisik-bisik, berkenan enggak ketemu sama sahabat pekerja di PLN. Ya berkenan saya, kita ini satu keluarga. Kita enggak mungkin sama-sama membangun sesuatu dengan perbedaan. Harus dengan persamaan, kadang kadang perbedaan itu terjadi, tapi kita tinggal cari titik temunya," ungkap dia dikutip Jumat (8/4/2022).

Erick juga memastikan akan mengubah kebijakan yang membuat lemah posisi PLN. Oleh sebab itu, Erick meminta para pekerja PLN tidak khawatir dan meminta agar insan PLN bisa bekerja secara optimal membangun perusahaan energi tersebut.

"Pak Dirut (PLN) bilang, ketika tidak ada satu visi di antara kita, kita mudah diintervensi. Kalau kita solid, menteri mendapatkan data dan fakta yang transparan, saya enggak ragu bersama PLN direksi bersama komisaris dan semua mempertahankan eksistensi perjuangan PLN," ucap Erick Thohir.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hadapi Tantangan Luar Biasa

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mendatangi Kantor Pusat PT PLN (Persero), pada Kamis 7 April 2022. Foto: PLN

Erick bercerita, PLN saat ini tengah menghadapi tantangan luar biasa, seperti kelebihan pasokan (oversupply) listrik, tantangan berupa transisi energi, disruption in technology dan lain-lain.

Namun untuk menjawab segala tantangan tersebut, Dirinya menginisiasi pembentukan holdingisasi di tubuh PLN.

"Roadmap kita jaga supaya PLN makin kuat. Tidak mungkin saya membentuk holding untuk memperlemah PLN. Juga karena holding itu bukan berarti saya mendukung liberalisasi," tuturnya.

Terkait dengan aspirasi Serikat Pekerja soal masalah restrukturisasi, Erick Thohir menjamin tidak akan mengurangi porsi pegawai.

Bahkan dengan PLN yang semakin ekspansif ke depan, porsi pegawai akan bertambah. Hal ini tentu dengan jaminan bahwa hak-hak pegawai tidak akan berkurang sedikit pun.

Dukungan penuh Erick Thohir ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, PLN adalah jantungnya Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan butuh banyak tenaga listrik. Sebagaimana saat ini pemerintah tengah gencar membangun ekosistem kendaraan listrik.

"Bagaimana mobil dan motor itu butuh listrik, industri butuh listrik. Indonesia secara ekonomi akan terus tumbuh sampai tahun 2045 dan ini butuh dukungan listrik dari PLN," ungkap dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Diapresiasi Serikat Pekerja

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mendatangi Kantor Pusat PT PLN (Persero), pada Kamis 7 April 2022. Foto: PLN

Sementara itu, Ketua Umum DPP Serikat Pekerja PLN Muhammad Abrar Ali mengapresiasi kehadiran Erick Thohir dan memenuhi undangan Serikat Pekerja di acara tersebut.

Abrar mengatakan, kehadiran Erick Thohir menjadi momen langka dan berharga karena memang selama ini menurutnya SP PLN sering berseberangan dengan Menteri BUMN.

"Ini momen bagi kita SP PLN dan adik-adik milenial, SP PLN mungkin selama ini mungkin selalu jadi musuh baik bagi menteri BUMN maupun direksi BUMN. Kami wakil pegawai dari Aceh sampai Papua. Ini semangat kolaborasi," tuturnya.

Ia pun mengapresiasi perjuangan Erick sebagai nakhoda Kementerian BUMN yang bertugas menjaga dan memagari seluruh perusahaan pelat merah dari kepentingan oknum-oknum tertentu.

"SP PLN kalau tidak di belakang bapak, kami siap juga di depan bapak. Hari ini kami mendeklarasikan pak ET sahabat SP PLN," sambung Abrar.

Abrar mengatakan, kehadiran Erick Thohir juga menjadi tanda bahwa saat ini para pekerja PLN tidak sendirian lagi dalam berjuang. Hal ini karena ada Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menemani perjuangan PLN menghadapi beragam tantangan ke depan.

"Meski baru hari ini baru sempat sambung rasa, apa yang menjadi beban tanggung jawab kami mewakili teman-teman PLN, semoga ini menjadi tonggak hubungan industrial yang lebih baik lagi ke depan. SP PLN adalah bagian dari pemerintah dan kami sangat berhati hati dalam merespons suatu isu. Kami kedepankan diplomasi dan komunikasi, demo itu langkah terakhir karena kami ini juga abdi negara," tutupnya.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya