Banjir Bandang, Pemerintah Sydney Minta Ribuan Orang Mengungsi Usai Hujan Lebat

Pemerintah Sydney meminta agar ribuan orang melakukan evakuasi diri.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 07 Apr 2022, 16:28 WIB
Staf Klub Olahraga Camden mengarungi banjir untuk masuk ke gedung di pinggiran barat daya Camden, Sydney, Australia, Selasa (8/3/2022). (Muhammad FAROOQ/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur pantai timur Australia pada Kamis (7 April 2022), dengan Sydney diguyur hujan selama hampir satu bulan semalam, mengubah jalan pinggiran kota menjadi sungai dan memicu evakuasi saat pihak berwenang memperingatkan akan lebih banyak hujan sepanjang hari.

Penghuni panti jompo dievakuasi semalam, ketika kru darurat mendesak 5 juta penduduk kota pelabuhan untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu dan bersiap untuk kemungkinan evakuasi.

"Ini adalah situasi yang sangat dinamis. Peristiwa-peristiwa ini bergerak sangat cepat," kata Penjabat Komisaris Layanan Darurat New South Wales Daniel Austin saat konferensi pers.

"Hujan yang sangat deras dan singkat" telah menciptakan banjir bandang hampir setiap jam, katanya.

Sydney telah menerima curah hujan 1.227 mm sepanjang tahun ini, lebih dari rata-rata curah hujan tahunan 1.213 mm. 

Selama 24 jam ke depan, banyak kota pesisir bisa diguyur curah hujan mencapai hingga 180 mm, kata Biro Meteorologi.

Pusat turis Bondi tercatat sekitar 170 mm selama periode 24 jam hingga pukul 9 pagi pada hari Kamis, menurut data resmi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perintah Mengungsi

Sebuah kontainer mengapung saat air banjir yang naik membanjiri area komersial akibat hujan lebat di pinggiran barat daya Camden, Sydney, Australia, Selasa (8/3/2022). (Muhammad FAROOQ/AFP)

Ribuan orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka.

"Semua orang berada di dek untuk mencoba dan menyelamatkan beberapa perabotan ... jadi kami cukup sibuk mengangkat barang-barang ... memindahkan barang-barang, mencabut filter dan listrik, dan hal-hal seperti itu," Nicola Gilfillan, pemilik kafe di barat daya Sydney, kepada televisi ABC.

Peringatan cuaca buruk membentang di sepanjang pantai selatan New South Wales dengan jarak lebih dari 600 km tetapi kondisinya diperkirakan akan mereda mulai Kamis malam, kata biro cuaca.

Musim panas pantai timur Australia telah didominasi oleh fenomena cuaca La Nina, biasanya terkait dengan peningkatan curah hujan, untuk tahun kedua berturut-turut, dengan sebagian besar sungai pada kapasitas bahkan sebelum penghujan terakhir. Warragamba Dam, pasokan air utama Sydney, diperkirakan akan meluap pada hari Jumat, kata pihak berwenang.

3 dari 4 halaman

Cuaca Intens

Warga mengarungi banjir yang meningkat di pinggiran barat daya Camden, Sydney, Australia, Selasa (8/3/2022). (Muhammad FAROOQ/AFP)

Tiga sistem cuaca yang intens dalam enam minggu telah melanda Australia timur, dengan beberapa bagian utara New South Wales dan Queensland tenggara mencatat rekor hujan dan Sydney mencatatkan Maret terbasah dalam rekor.

Perubahan iklim juga diyakini secara luas berkontribusi terhadap cuaca buruk, yang menimbulkan pertanyaan tentang seberapa siap Australia.

Beberapa kota di utara New South Wales masih berjuang untuk membersihkan berton-ton puing setelah dua banjir dahsyat yang terpisah pada bulan Maret tetapi peristiwa cuaca terbaru telah menghancurkan pantai tengah dan selatan negara bagian itu.

4 dari 4 halaman

Korban Banjir

Warga melihat mobil yang terendam banjir di pinggiran barat daya Sydney, Australia, Selasa (8/3/2022). Ribuan warga Sydney diminta untuk mengungsi dari daerah dataran rendah karena hujan lebat dan banjir bandang. (Muhammad FAROOQ/AFP)

Dari banjir tersebut, seorang pria hanyut oleh di barat laut kota dan diselamatkan oleh kru darurat.

Sementara rekaman di media sosial menunjukkan kendaraan-kendaraan berjuang untuk menyeberangi jalan-jalan yang tergenang air, pohon tumbang dan puing-puing mengambang di sungai.

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya