Ada Servis hingga Netting, Simak 6 Teknik Dasar dalam Permainan Bulu Tangkis!

Simak macam-macam teknik dasar dalam olahraga bulu tangkis melalui artikel berikut ini!

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Mar 2022, 07:00 WIB
Pebulu tangkis Indonesia, Jonathan Christie menang dua gim langsung atas wakil ROC, Aram Mahmoud 21-8 dan 21-14 dalam laga fase grup bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7/2021). (Foto: AP/Dita Alangkara)

Liputan6.com, Jakarta - Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Pasalnya, cabor ini kerap menjadi penyumbang medali di turnamen-turnamen multievent berskala internasional.

Dilansir dari modul resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pemain bulu tangkis menggunakan raket dan shuttlecock sebagai peralatan utama. Olahraga ini umumnya dimainkan oleh dua atau empat orang yang saling berhadapan.

Secara harfiah, bulu tangkis terdiri atas dua kata, yakni “bulu” dan “tangkis”. Istilah “bulu” digunakan karena bola dalam permainan ini terbuat dari bulu angsa, sementara “tangkis” menggambarkan inti gerakan yang menuntut pemain untuk menangkis shuttlecock dari lawan.

Terdapat lima nomor pertandingan yang kerap dilombakan dalam turnamen badminton bergengsi. Kelima nomor tersebut adalah tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Seseorang perlu menguasai sejumlah teknik dasar sebelum bermain bulu tangkis, mulai dari servis, lob, smash, dropshot, drive dan netting. Simak penjelasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis pada halaman selanjutnya!

2 dari 7 halaman

1. Servis

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung bersiap memukul kok ke arah pebulu tangkis Thet Htar Thuzar pada laga perdana cabang bulu tangkis Grup M Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Plaza, Minggu (25/7/2021). Gregoria Mariska menang 21-11 dan 21-8. (AP Photo/Markus Schreiber)

Servis merupkan pukulan yang menandai awal permainan dalam olahraga bulu tangkis. Servis dapat dilakukan dengan mengarahkan shuttlecock ke bagian kiri, kanan, depan, maupun belakang pemain yang dihadapi.

Meski demikian, perlu diingat bahwa shuttlecock saat servis sebaiknya tidak diletakkan pada posisi tanggung atau tepat di depan lawan. Hal ini bakal memudahkan pemain oposisi untuk melancarkan serangan dan mematikan pergerakan.

Selain itu, shuttlecock juga tidak boleh dipengang dengan ketinggian lebih dari 115 cm saat melakukan servis. Kondisi itu akan dihitung sebagai pelanggaran oleh wasit, sehingga skor pada rally tersebut menjadi milik lawan.

Terdapat sejumlah variasi servis dalam olahraga bulu tangkis, seperti servis pendek, servis panjang, dan flick serve. Servis pendek bisa dipraktikkan dalam permainan ganda atau tunggal. Servis panjang lebih banyak digunakan oleh pemain tunggal, sementara flick serve kerap dimanfaatkan untuk mengecoh lawan dalam permainan ganda.

3 dari 7 halaman

2. Lob

Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat melawan wakil Spanyol Clara Azurmendi/Beatriz Corrales. Greysia/Apriyani menang 21-17, 21-9 dan lolos ke perempat final Indonesia Masters 2021 di Bali International Convention & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (18/11/2021) malam. (Dok PBSI)

Lob merupakan teknik pukulan dalam olahraga bulu tangkis yang memungkinkan shuttlecock untuk terbang setinggi mungkin dan mendarat di bagian belakang bidang permainan lawan. Pukulan jenis ini umumnya merupakan strategi untuk membuat lawan cepat lelah.

Saat ingin melakukan pukulan lob, pastikan badan berdiri dengan rileks. Tempatkan tubuh di belakang shuttlecock dengan satu kaki berada di depan. Letakkan tumpuan berat badan pada kaki bagian belakang. Pukul shuttlecock dengan mengayunkan raket ke arah depan bagian atas. Lanjutkan gerakan dengan meluruskan tangan sepenuhnya.

4 dari 7 halaman

3. Smash

Kevin Sanjaya melepaskan smash ke arah pasangan Denmark, Mads Conrad/Mads Pieler pada perempat final ganda putra Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, (6/6/2018). Kevin/Marcus menang 20-22, 22-20, 21-18. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Smash merupakan pukulan yang dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas, sehingga shuttlecock menukik di bawah bidang permainan lawan. Teknik dasar ini umumnya dimanfaatkan untuk mematikan pergerakan dan mengambil poin.

Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, pemain perlu memiliki kekuatan otot kaki, bahu, dan lengan; fleksibilitas pergelangan tangan; serta koordinasi gerak yang harmonis ketika ingin mempraktikkan teknik dasar smash.

Gerakan smash dapat dilakukan dalam posisi berdiri, diam, atau sambil meloncat. Terdapat sejumlah variasi smash dalam permainan bulu tangkis, seperti smash penuh, smash potong, backhand smash, dan smash melingkat di atas kepala.

5 dari 7 halaman

4. Dropshot

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengembalikan kok ke arah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) pada babak 16 besar Indonesia Masters 2021 di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Kamis (18/11/2021). Ahsan/Hendra kalah 21-11, 15-21, 12-21. (HUMAS PP PBSI)

Dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan menempatkan bola tipis di dekat net bidang permainan lawan. Hampir sama dengan smash, pukulan jenis ini juga ditujukan untuk menyerang. Perbedaannya terletak pada tenaga yang dikeluarkan saat melakukan pukulan.

Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, smash umumnya dilakukan dengan kekuatan penuh, sementara dropshot hanya dipraktikkan dengan dorongan. Dropshot dikatakan ideal jika shuttlecock jatuh dekat net dan tidak melebihi garis ganda.

Pukulan dropshot akan makin mematikan jika disertai dengan gerak tipu yang mengecoh lawan. Teknik ini sering diterapkan dalam permainan ganda di turnamen-turnamen bulu tangkis berskala internasional.

6 dari 7 halaman

5. Drive

Ganda putra Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto mengembalikan kok ke arah Muhammad Shohibul Fikri / Bagas Maulana pada babak 32 besar Indonesia Masters 2021 di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Selasa (16/11/2021). Fajar / Rian kalah 21-13, 18-21, dan 20-22. (Foto: Humas PP PBSI)

Drive adalah jenis pukulan cepat dengan arah mendatar. Teknik dasar ini digunakan untuk menyerang atau mengembalikan shuttlecock secara cepat, dengan arah lurus atau menyilang. Meneurut  modul resmi Kemdikbud, drive dapat dilakukan dengan forehand atau backhand.

Pukulan drive bermanfaat untuk mempercepat tempo permainan serta menurunkan shuttlecock serendah-rendahnya, sampai mendekati net. Teknik ini tak jarang membuat lawan kesulitan mengembalikan shuttlecock, sehingga bola menyangkut di net dan gagal menyeberang ke bidang permainan oposisi.

Lebih lanjut, drive juga dapat menjadi alternatif ketika pemain tak punya kesempatan untuk melakukan overhead. Teknik dasar ini pun dapat digunakan sebagai strategi untuk mengacaukan posisi lawan.

Pemain yang ingin mempraktikkan teknik drive idealnya terampil memainkan grip (pegangan) raket, menguasai gerak refleks yang cepat, serta memiliki kekuatan di pergelangan tangan.

7 dari 7 halaman

6. Netting

Pada awal gim pertama yang berlangsung ketat, Anthony Sinisuka Ginting bermain sabar meladeni permainan Anders Antonsen. Unggul 11-8 saat interval, Ginting terus melaju dalam pengumpulan angka dan menutup gim pertama dengan 21-18. (Foto: AP/Dita Alangkara)

Netting merupakan pukulan pendek yang dilakukan secara pelan di depan net. Teknik dasar ini bertujuan untuk menempatkan bola setipis mungkin di dekat net bidang permainan lawan.

Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, netting acap kali membuat pemain lawan kewalahan. Kondisi tersebut pada gilirannya bakal mengurangi tingkat akurasi dan kecermatan saat mengembalikan shuttlecock.

Pemain perlu memiliki keahlian cukup saat ingin mempraktikkan teknik dasar netting. Pasalnya, gerakan in dikategorikan sebagai jenis pukulan sulit dalam olahraga bulu tangkis. Alih-alih mengerahkan tenaga, pemain harus bersikap tenang dan menggunakan perasaan ketika memukul bola.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya