Langka Tapi Nyata, Ini 6 Film Horor Peraih Oscar Sepanjang Sejarah, Nomor 4 Menang Best Picture

Film horor meraih Piala Oscar adalah fenomena langka. Enam film berikut ini meraih prestasi enggak kaleng-kaleng di ajang Academy Awards.

oleh Wayan Diananto diperbarui 24 Mar 2022, 13:00 WIB
Piala Oscar. (Foto: Instagram @kevinhart4real)

Liputan6.com, Jakarta Banyak pencinta sinema menilai genre drama lebih berpeluang menang Piala Oscar daripada komedi atau musikal apalagi horor. Penilaian ini tak berlebihan mengingat data berbicara.

Sedikit sekali film horor yang tembus bursa Oscar apalagi menang. Oscar 2022 bahkan tak menyisakan tempat bagi genre memedi meski ada 10 ruang di kategori Film Terbaik.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 film horor peraih Oscar dalam sejarah. Pencinta genre ini boleh bangga karena salah satunya digelari Oscar The Big Five untuk skenario, Pemeran Utama Pria dan Wanita, Sutradara, dan Film Terbaik.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Rosemary’s Baby (1968)

Poster film Rosemary's Baby. (Foto: Dok. Paramount Pictures/ IMDb)

Memang: Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Ruth Gordon

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ira Lenin, Rosemary’s Baby mengisahkan ibu hamil yang mencurigai tetangganya pengikut sekte sesat. Diduga, sang tetangga hendak menjadikan bayinya sebagai bagian dari ritual setan.

The Guardian menempatkan film karya Roman Polanski ini di peringkat kedua dalam daftar 100 film horor terseram sepanjang masa. Ruth Gordon yang memerankan Minnie Castevet meraih Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik setelah unggul di Golden Globe Awards.

3 dari 7 halaman

2. The Omen (1976)

Poster film The Omen. (Foto: Dok. 20 Century Fox/ IMDb)

Menang: Tata Musik Terbaik untuk Jerry Goldsmith

Katherine (Lee Remick), istri Robert Thorn (Gregory Peck) yang tinggal di Roma melahirkan bayi dalam kondisi meninggal. Pastor Spiletto (Martin Benson) menyarankan Robert agar mengadopsi bayi. Kepada Kantherine, Robert mengaku bayi itu anak kandungnya.

Musisi Jerry Goldsmith menyumbang lagu “Ave Satani” dan menata musik untuk The Omen. Keduanya diganjar nominasi Oscar 1977. Jerry meraih Piala Oscar Tata Musik Terbaik. Inilah satu-satunya kemenangan sang musisi di samping 17 nominasi Academy Awards lain.

4 dari 7 halaman

3. The Exorcist (1973)

Poster film The Exorcist. (Foto: Dok. Warner Bros. Pictures/ IMDb)

Menang: Skenario Adaptasi Terbaik (William Peter Blatty) serta Tata Suara Terbaik (Robert Knudson dan Christopher Newman)


Ini film horor paling traumatis bagi penonton AS. Sejumlah artikel menyebut ada penonton yang muntah hingga pingsan pada adegan tertentu. Di tangga box office, The Exorcist panen 440 juta dolar AS atau 6,3 triliun rupiah. Fantastis untuk dekade 1970-an.

Euforia akibat film ini menjelma pop culture. The Exorcist meraih 4 Piala Golden Globe termasuk Film Terbaik Drama. Di Oscar 1974, ia panen 10 nominasi, menang Skenario Adaptasi serta Tata Suara Terbaik. Sayang, komite Academy Awards masih malu-malu menjadikannya Film Terbaik.

5 dari 7 halaman

4. The Silence of The Lambs (1991)

Poster film The Silence of The Lambs. (Foto: Dok. Orion Pictures)

Menang: Film Terbaik (Edward Saxon, Kenneth Utt, dan Ron Bozman), Pemeran Utama Pria Terbaik (Anthony Hopkins), Pemeran Utama Wanita Terbaik (Jodie Foster), Skenario Adaptasi Terbaik (Ted Tally), serta Sutradara Terbaik (Jonathan Demme)

Film ini mengisahkan Clarice Starling (Jodie) yang pada 1990, direkrut Jack Crawford (Scott Glenn) dari Biro Unit Ilmu Perilaku untuk mewawancarai Hannibal Lecter (Anthony), yakni mantan psikiater sekaligus pembunuh berantai kanibal yang dipenjara.

The Silence of the Lambs menjadi standar emas bagaimana semestinya thriller berlatar criminal dibuat. Karya sineas Jonathan Demme menang 5 Oscar kategori utama alias The Big Five menyusul It Happened One Night (1934) dan One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975). Setelahnya belum ada lagi.

6 dari 7 halaman

5. Dracula (1992)

Poster film Dracula. (Foto: Dok. Columbia Pictures/ IMDb)

Maestro Francis Ford Coppola yang membidani trilogi The Godfather memproduksi Dracula dengan barisan bintang yang kemudian jadi legenda antara lain Anthony Hopkins, Winona Ryder, dan Gary Oldman. Film berlatar tahun 1462 ini panen pujian penonton dan kritikus.

Dracula dipandang mampu mempertemukan aspek kualitas dan unsur komersial. Berjaya di tangga box office dengan 215 juta dolar AS, Dracula versi Bung Francis membawa pulang 3 Piala Oscar kategori teknis yakni Tata Rias, Tata Kostum, dan Sunting Suara. Luar biasa.

7 dari 7 halaman

6. Get Out (2017)

Poster film Get Out. (Foto: Dok. Universal Pictures/ IMDb)

Hanya kebagian satu Oscar tapi kemenangan Jordan Peele lewat Get Out mencetak sejarah. Ia seniman kulit hitam pertama yang menang Piala Oscar kategori Skenario Asli Terbaik.

Kala namanya disebut, hadirin memberikan standing ovation. Get Out meraih empat nominasi di Oscar 2018 untuk Film, Sutradara, Skenario Asli dan Pemeran Utama Pria Terbaik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya