Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23 : Warga Jateng, Yuk Ambil Kesempatan Ini

Kartu Prakerja Gelombang 23 menjadi terobosan pemerintah untuk memberi kesempatan masyarakat meningkatkan taraf hidup.

oleh Inung Budiarto diperbarui 18 Feb 2022, 13:00 WIB
Pekerja tengah menata tabung gas LPG 3 kg di kawasan Tangerang Banten, Pemerintah membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Semarang - Kabar gembira datang dari pemerintah Republik Indonesia (RI), kemarin. Hal itu berkaitan dengan pembukaan pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 23. Program ini menjadi langkah pemerintah di tengah pandemi covid-19 yang masih mendera Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, program Kartu Prakerja Gelombang 23 memiliki misi khusus. Kali ini, pemerintah ingin memberi prioritas terhadap penambahan alokasi kepada 212 kabupaten dan kota.

Golongan kabupaten dan kota ini memiliki syarat khusus, yakni memiliki angka kemiskinan ekstre. "Kami berharap melalui bantuan Kartu Prakerja dapat mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk dapat terlepas dari jerat kemiskinan ekstrem," sebut Airlangga.

Berlatar program semi-bansos, Kartu Prakerja memberi prioritas terhadap mereka yang belum menerima bantuan. "Komite Cipta Kerja telah memutuskan pada semester 1 tahun 2022 ini, bahwa Program Kartu Prakerja masih bersifat semi bansos sama seperti periode sebelumnya," imbuh Airlangga.

Pada 'episode' pertengahan triwulan 2022 ini, pendaftaran Kartu Praker Gelombang 23 diperuntukkan bagi 500 ribu orang. Bagi yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, syaratnya sangat mudah.

 

2 dari 2 halaman

Ini Syarat dan Cara Daftar

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Pabrik Tahu kawasan Duren Tiga, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Pemeirntah membuka pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 23. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sang calon penerima harus mendaftar di situs www.prakerja.go.id. Syarat lain, si calon penerima Kartu Prakerja Gelombang 23 ini adalah Warga Negara Indonesia berusia 18-64 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Airlangga memastikan, beberapa program lanjutan akan tetap bergulir. Setidaknya, pada gelombang 23 ini akan ada kuota setengah juta orang, dan selanjutnya tetap akan dibuka dengan jumlah penerima yang sama.

Bagi warga Jateng yang memenuhi syarat, di bawah ini beberapa poin yang perlu diperhatikan, terutama bagaimana alurnya.

Kunjungi www.prakerja.go.id lalu ikuti proses berikut:

a. Buat akun:- Masukkan email- Masukkan data KTP, Kartu Keluarga, nomor HP serta data diri lainnya untuk diverifikasi- Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar

b Gabung gelombang :- Klik “Gabung Gelombang”- Klik pernyataan persetujuan- Dapatkan konfirmasi telah gabung gelombang 23

Menurut situs resmi Kartu Prakerja, pembukaan gelombang akan berlangsung beberapa hari. Pihak pemerintah berharap, para calon penerima tidak perlu terburu-buru. Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang paling cepat mendaftar.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya