Tebing Setinggi 150 Meter di Sumedang Longsor, Sawah dan Sungai Tertutup

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 16 Jan 2022, 01:30 WIB
Ilustrasi Bencana Tanah Longsor Credit: pexels.com/Timo

Liputan6.com, Bandung - Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Sukasari, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Peristiwa longsor pada Sabtu (15/1/2022) sore tersebut mengakibatkan dua hektare sawah serta aliran Sungai Cipeles tertutup material longsor.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, kejadian longsor tersebut terjadi pada pukul 16.30 WIB.

"Bencana longsor yang disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dari mulai pukul 13.20 s/d pukul 16.00 WIB, mengakibatkan tebing dengan ketinggian kurang lebih 150 meter dan lebar kurang lebih 80 meter longsor," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Asep Ramdani melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Asep mengatakan, longsor tersebut mengakibatkan dua hektare sawah tertutup dan sebagian sawah terbawa longsoran. Selain itu materi longsoran menutup aliran sungai Cipongkor yang bermuara di Sungai Cipeles.

Dalam kejadian longsor tersebut, tidak ada korban luka maupun jiwa. "Hingga saat ini hasil informasi dari lapangan tidak ada korban jiwa," tutur Asep.

Pihak BPBD mengimbau warga untuk menjauhi area longsoran dengan radius kurang lebih 1 km.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya