Oluhuta Journey, Edu-geowisata Gorontalo yang Ajak Pengunjung ke Zaman Purbakala

Jika kalian berkunjung ke Provinsi Gorontalo jangan lupa untuk singgah di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 16 Jan 2022, 06:00 WIB
Hamparan lautan di sekitar Oluhuta Journey, Destinasi Edu-Geowisata Pertama di Gorontalo (Arfandi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Jika kalian berkunjung ke Provinsi Gorontalo jangan lupa untuk singgah di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol). Kabupaten di ujung timur Provinsi Gorontalo ini menawarkan sejuta keindahan alam.

Luasnya hutan Taman Nasional yang belum terjamah membuat Kabupaten ini menjadi salah satu daerah yang dinobatkan sebagai Kabupaten Lestari. Hamparan perairan laut Teluk Tomini yang memanjang di perairan wilayah Bone Pesisir menyimpan sejuta keindahan alam.

Salah satunya, Oluhuta Journey, destinasi ini merupakan objek wisata yang terbilang sangat baru di Bonebol. Wisata yang mengangkat Edu-Geowisata ini sangat menarik untuk kita kunjungi.

Di tempat itu, para pelancong disuguhkan dengan pemandangan laut yang begitu indah. Air laut yang terkena paparan sinar matahari seakan memancarkan warna kebiru-biruan nan indah.

Tidak hanya itu, air laut yang tidak begitu berombak membuat lokasi ini sangat cocok untuk dijelajahi. Tebing-tebing tinggi yang menjulang yang tidak beraturan seakan membawa kita zaman purbakala.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Jejak Purbakala

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat menunjukan journey finding maps yang didalamnya ditemukan situs purbakala (Arfandi/Liputan6.com)

Namun, yang lebih menarik di lokasi wisata ini, pengunjung bisa melihat langsung sebuah journey finding maps yang di dalamnya ditemukan situs jejak purbakala. Di sinilah terdapat fosil kerangka manusia Oluhuta yang diperkirakan berumur ratusan tahun silam.

Kerangka itu diperkirakan tertimbun di kedalaman tanah 2 meter. Belum lagi wisatawan disuguhi dengan pemandangan lautan terangkat. Itulah mengapa jika destinasi ini dinamakan Edu-Geowisata.

Edu-Geowisata sendiri bisa diartikan sebagai konsep wisata baru di Gorontalo berbasis edukasi terhadap kekayaan alam, khususnya dibidang geologi. Destinasi ini diciptakan oleh Mahasiswa UKM Literasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG)

“Destinasi wisata geosite ini sangat lengkap, selain berwisata, kita juga bisa menggunakan tempat ini untuk bahan penelitian dan belajar terkait kehidupan purbakala,” kata Bupati Bonebol, Hamim Pou saat meninjau lokasi.

Dirinya berharap, objek wisata ini mampu membangkitkan semangat warga untuk tetap menjaga kelestarian laut. Selain itu, harapannya hal ini bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar.

“Mudah-mudahan wisata ini bisa berkembang, ekonomi warga bisa terdongkrak dan PAD untuk daerah pun masuk,” tuturnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya