Libur Nataru, Dinkes Kota Tangerang Lakukan PCR Acak di Tempat Keramaian

Antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru, Dinas Kesehatan Kota Tangerang lakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di pusat keramaian.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 24 Des 2021, 15:09 WIB
PCR acak di Terminal Bus Poris Plawad Kecamatan Cipondoh, Jumat (24/12/21). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta Antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru, Dinas Kesehatan Kota Tangerang lakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di pusat keramaian. Pada Jumat (24/12/2021), tes acak dilakukan di Terminal Bus Poris Plawad Kecamatan Cipondoh, kepada para pedagang dan petugas.

Pantauan Liputan6.com di Terminal Antar Kota dan Provinsi (AKAP) Poris Plawad, sejumlah calon penumpang, pedagang, hingga sopir bus, tak luput dari pemeriksaan acak PCR tersebut.

"Tes dilakukan mulai hari ini, pertama di Terminal Bus Poris Plawad, target sampelnya kurang lebih sekitar 100 lebih sample," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Dia menerangkan, langkah antisipasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebaran kasus Covid-19 terlebih terhadap varian baru, Omicron yang sudah memasuki Indonesia.

"Ini salah satu langkah antisipasi Pemerintah Kota Tangerang untuk bisa mendeteksi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Akan terus dilakukan hingga nanti, 4 Januari 2022, di tempat-tempat keramaian," kata Arief.

 

2 dari 2 halaman

Target

Oleh karena itu, Dinkes menargetkan per harinya akan ada 300 sampai 400 masyarakat yang dites Covid-19. Sampelnya mulai dari masyarakat yang beraktifitas, karyawan yang bekerja di mol, atau perukoan, sampai para pedagang di pasar.  

Sementara, di lokasi yang bebeda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni juga menyampaikan, pihaknya telah mengimbau kepada rumah sakit dan fasilitas - fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang untuk melakukan Surveilans aktif terhadap para petugas kesehatan.

"Kami sudah mengimbau kepada faskes - faskes untuk segera melakukan tes Surveilans Aktif terhadap petugas atau karyawannya sebagai langkah antisipasi untuk keamanan bersama," katanya. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya