Komunitas Ini Tingkatkan Kesejahteraan Petani Perempuan Indonesia Lewat NFT

Meta Forest Society (MFS) bermitra dengan Pertahara menghadirkan dampak positif kepada para petani perempuan Indonesia melalui Non Fungible Token (NFT).

oleh Iskandar diperbarui 30 Nov 2021, 10:00 WIB
Pekerja perempuan membawa anak saat bekerja mengupas buah aren di Kampung Citugu, Desa Puraseda, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/4/2021). Dalam sehari, satu petani di kampung ini mampu menghasilkan 80-100 kg kolang-kaling. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Meta Forest Society (MFS) bermitra dengan Perempuan Tani Harapan Rakyat (Pertahara) menghadirkan dampak positif kepada para petani perempuan Indonesia melalui Non Fungible Token (NFT).

Pertahara adalah gerakan nasional pemberdayaan perempuan yang pada tujuannya menangani masalah kemiskinan, meningkatkan ekonomi petani, dan meningkatkan peran perempuan dalam pertanian Indonesia.

Melalui kolaborasi MFS dengan Pertahara diharapkan petani perempuan dapat diberdayakan dengan lebih optimal.

Program Manager Meta Forest, Tiffany Setiadharma, berharap proyek ini bisa mengajak para generasi muda yang tengah mengeksplorasi NFT dapat berpartisipasi langsung dalam memberikan dampak positif dan nilai sosial kepada masyarakat, khususnya petani perempuan.

"Kami memahami benar bagaimana para perempuan-perempuan hebat yang tergabung dalam Pertahara berjuang untuk keluarganya. Untuk itulah kami berharap melalui Project Meta Forest ini kami bisa berkontribusi dalam memberdayakan dan membantu mereka, baik dalam konteks agripreneur maupun memberikan dampak positif pada kehidupan sosialnya," kata Tiffany melalui keterangannya, Selasa (30/11/2021).

Ia menuturkan proyek MFS akan menjadi ikhtiar dalam mengajak komunitas NFT untuk semakin solid dan mampu berkontribusi untuk bidang sosial sehingga komunitas ini bisa berkembang secara berkelanjutan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian dan cara kerja NFT

Dalam penjelasan sederhana, NFT merupakan token digital, tidak dapat dipertukarkan namun dapat diperjualbelikan.

Hal ini yang membuat NFT cocok digunakan dalam transaksi karya seni digital oleh konsumen biasa maupun kolektor atau disebut sebagai crypto art yang ditunjang oleh Ethereum sebagai platform pendukungnya.

Dalam hal ini, NFT berfungsi sebagai alat verifikasi karya digital untuk transaksi crypto art. Hal ini yang membuat karya yang diperjualbelikan diperlakukan layaknya karya seni berformat fisik.

 

3 dari 4 halaman

Tak Cuma untuk Karya Seni

Jika dilihat pada fungsinya, NFT bisa memiliki ragam project dan asset. Pada industri gaming, terdapat NFT yang diluncurkan khusus game, seperti Axie Infinity, dan lain-lain.

Sementara untuk hal kepemilikan, NFT bisa menjadi wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama di sebuah komunitas.

Nilai plus pada NFT juga bisa terlihat bagaimana asset ini mampu menjadi jembatan teknologi dengan dunia nyata. Sebab NFT bisa menjadi semakin popular dan bernilai sehingga bisa semakin cepat diterima oleh masyarakat umum.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya