Heboh Fitur Aktivitas Teman di Aplikasi Shopee, Warganet Geram

Berdasarkan unggahan akun Twitter @efify di media sosial, dirinya terkejut saat melihat ada tab baru di kolom chat dan pengaturan privasi di aplikasi Shopee.

oleh Yuslianson diperbarui 14 Okt 2021, 21:19 WIB
Ilustrasi eCommerce, belanja online, online shopping. Kredit: Preis_King via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Warganet dibuat terkejut dengan topik fitur baru di platform e-commerce Shopee bernama Shopee Friends.

Berdasarkan unggahan akun Twitter @efify di media sosial, dirinya terkejut saat melihat ada tab baru di kolom chat dan pengaturan privasi di aplikasi Shopee.

"Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja," tulis cuitan tersebut.

Dari screenshot Pengaturan Aktivitas yang diposting, tampak sejumlah opsi yang dapat dinyalakan atau dinonaktifkan oleh pengguna.

Adapun opsi tersebut meliputi sembunyikan sejumlah aktivitas, seperti penilaian produk, saat menyukai penilaian produk, pesanan yang belum dinilai, hingga komentar pada postingan feed.

Lanjut dia menyebutkan, "Temen yang saling save kontak bisa tau Lo belanja dan review barang apa aja."

Cuitan ini langsung viral dan mendapatkan reaksi di Twitter. Beberapa dari mereka mengatakan, "Wah gila sih, Shopee mau sok bersosial media tapi malah ngga jaga privasi orang lain. Parah banget," twitt @aviseuu.

Lainnya juga merasa, Shopee adalah marketplace bukan sebuah media sosial pengguna buat interaksi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi dari Shopee

Mendapatkan laporan dari warganet, pihak Shopee pun memberikan tanggapan tentang viralnya postingan tersebut di media sosial.

"Kami informasikan pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akunterkait riwayat kegiatan mereka," tulis pesan singkat Juru Bicara Shopee Indonesia kepada media.

Dia juga mengatakan, "Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategorisensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain."

 

3 dari 3 halaman

Cara Nonaktifkan Fitur Shopee Friends

Lebih lanjut, perusahaan juga memberikan tips untuk menonaktifkan fitur Shopee Friends tersebut.

1. Ketuk “Pengaturan Akun”

2. Setelah masuk ke “Pengaturan Akun”, pilih “Pengaturan Privasi”

3. Setelah masuk ke “Pengaturan Privasi”, pilih “Sembunyikan aktivitas saya” untuk beberapa aktivitas yang Anda ingin sembunyikan.

(Ysl/Tin)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya