Ingin Klaim Insentif Kartu Prakerja? Selesaikan Dulu Pelatihan Pertamamu dan Begini Caranya

Saat ini masyarakat masih menunggu kemungkinan akan ada seleksi kartu prakerja gelombang 22.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Sep 2021, 10:45 WIB
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Liputan6.com, Jakarta Program pelatihan kerja dari Kartu Prakerja telah sampai pada gelombang ke-21 yang diumumkan kelolosannya. Saat ini masyarakat masih menunggu kemungkinan akan ada seleksi kartu prakerja gelombang 22.

Setelah berhasil lolos ke tahap selanjutnya, peserta akan diberikan bantuan pelatihan sejumlah Rp 1 juta.

Melansir dari akun resmi Instagram Prakerja di @prakerja.go.id, untuk dapat menerima insentif/bantuan yang diberikan, setiap peserta yang terdaftar harus terlebih dulu menyelesaikan pelatihan pertama.

“Bagi Sobat Pekerja yang ingin mendapatkan insentif, segera selesaikan pelatihan pertama,” demikian yang tertulis dalam unggahan tersebut, Jumat (24/09/2021).

Tidak hanya itu, syarat lainnya adalah peserta yang mengikuti pelatihan pertama juga harus memberikan skor dan ulasan terhadap pelatihan yang dilakukan untuk mendapatkan insentif. 

“Jangan lupa, berikan rating dan ulasan pelatihan di dashboard juga ya!,” pernyataan tersebut juga tertulis dalam unggahan tersebut.

Hingga kini, penerima Kartu Prakerja 2021 sudah mencapai 5,9 juta orang. Angka tersebut sudah dipaparkan langsung oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Program Prakerja Denni Puspa Purbasari.

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat dan Cara Beli Pelatihan

Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id

Bantuan dan pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari para calon pekerja, pencari kerja, hingga karyawan yang terkena pemutusan kerja. 

Pada dasarnya, kebutuhan tersebut perlu ditingkatkan agar kompetensi dan keterampilan yang ada dapat lebih berkualitas dari sebelumnya.

Manfaat dari program Prakerja adalah peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3,5 juta. Nantinya, bantuan akan didapatkan melalui tiga tahap, antara lain sebagai berikut,

  1. Biaya pelatihan Rp1 juta
  2. Insentif pasca pelatihan adalah Rp600 ribu per bulannya selama 4 bulan
  3. Insentif survei bekerja sebesar Rp150 ribu

Lalu, manfaat kedua yang diterima adalah, setiap peserta hanya mendapatkan satu kartu Prakerja saja sekali seumur hidup. Namun, terlepas dari manfaat yang diberikan, tahapan untuk membeli pelatihan sebagai syarat menerima insentif adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan akun Anda sudah terdaftar
  2. Cek kembali saldo pelatihan yang sudah diterima
  3. Bandingkan dengan platform pelatihan digital lainnya, seperti Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker
  4. Pilih pelatihan yang diinginkan dan sesuai kebutuhan Anda sebagai peserta
  5. Beli pelatihan yang dipilih dan bayar menggunakan Nomor Kartu Prakerja (16 angka)
  6. Batas waktu pembelian pelatihan maksimal 30 hari sejak menerima pengumuman lolos di dashboard
  7. Apabila peserta terlambat membeli pelatihan yang disediakan program, kepesertaan Anda akan dicabut

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya