6 Detail Tersembunyi nan Bermakna di Pakaian Para Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Detail bermakna itu menyatu dengan pakaian yang dikenakan para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Jul 2021, 15:01 WIB
Pesenam Amerika Serikat Simone Biles bertanding di nomor lantai kualifikasi senam artistik putri selama Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Gymnastics Center di Tokyo pada 25 Juli 2021. (MARTIN BUREAU / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cerita hadir dari pesta olahraga sejagat, Olimpiade Tokyo 2020. Para atlet dari seantero dunia berlaga dan berjuang untuk mempersembahkan kemenangan bagi negaranya.

Namun salah satu elemen yang tak terpisahkan dari para atlet Olimpiade Tokyo 2020 adalah pakaian untuk bertanding hingga seragam yang dikenakan spesial untuk penyelenggaraan Olimpiade tahun ini yang digelar di tengah pandemi.

Pakaian para atlet Olimpiade Tokyo 2020 tersebut tak hanya berdetail tersembunyi, namun sarat akan makna. Lantas, mana saja pakaian-pakaian tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Insider, Rabu (28/7/2021).

1. Bintang-bintang

Leotard (pakaian one-piece ketat yang menutupi tubuh dari selangkangan ke bahu) biru tim senam putri Amerika Serikat (AS) dalam kualifikasi dihiasi 76 bintang. Hal tersebut terinspirasi dari Negeri Paman Sam yang merdeka pada 1776.

Pakaian bertanding ini diproduksi oleh GK Elite. Leotard juga terbuat dari kain daur ulang dan menampilkan 6.467 kristal Swarovski, demikian kata perwakilan perusahaan kepada Insider.

2. Bertabur Swarovski

Pesenam AS Simone Biles menunggu sebelum bertanding di nomor lompat final tim putri senam artistik pada Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Gymnastics Center di Tokyo pada 27 Juli 2021. (Martin BUREAU / AFP)

Baju ketat tim senam AS untuk final tim all-around putri di Olimpiade Tokyo 2020 menampilkan 7.600 kristal Swarovski yang juga merujuk pada tahun kemerdekaan AS. "Desain ikonik merah, putih dan biru yang terinspirasi patriotik dimaksudkan untuk menggambarkan simbol kekuatan dan kebesaran untuk menginspirasi pria dan wanita untuk meraih emas di Tokyo," kata perwakilan GK Elite kepada Insider.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

3. Penghormatan untuk Kobe Bryant

Pebasket AS Jayson Tatum dan pebasker Prancis Timothe Luwawu Kongbo (kanan) selama pertandingan bola basket penyisihan grup A putra antara Prancis dan AS selama Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena di Saitama pada 25 Juli 2021. (Aris MESSINIS / AFP_

Jayson Tatum dari tim bola basket putra AS mengenakan nomor punggung Kobe Bryant sebagai penghormatan kepada pemain favoritnya. Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Januari 2020.

Putrinya Gianna Bryant juga meninggal dalam kecelakaan itu, bersama tujuh orang lainnya. "Dengan ini menjadi Olimpiade pertama sejak kami kehilangan dia, itu memiliki nilai lebih. Itu bukan sesuatu yang saya anggap enteng," kata Tatum kepada ESPN.

3 dari 6 halaman

4. Logo Warna Bendera Rusia

Atlet anggar Prancis Manon Brunet (kiri) bertanding melawan atlet anggar Rusia Olga Nikitina dalam pertandingan perempat final sabre individu putri selama Olimpiade Tokyo 2020 di Makuhari Messe Hall di Kota Chiba, Prefektur Chiba, Jepang, pada 26 Juli 2021. (FABRICE COFFRINI / AFP)

Seragam Olimpiade Rusia tidak diizinkan untuk menampilkan bendera Rusia karena sanksi yang dijatuhkan usai skandal doping. Sebagai gantinya, mereka menampilkan logo Olimpiade dengan warna bendera Rusia.

Usai program doping yang disponsori negara terungkap dalam delegasi Olimpiade Rusia pada 2014, Pengadilan Arbitrase Olahraga memberlakukan sanksi empat tahun, yang dikurangi menjadi dua tahun pada 2020. Atlet Rusia yang tidak terlibat dalam program doping masih diperbolehkan berkompetisi sebagai perwakilan Komite Olimpiade Rusia, meski mereka tidak boleh mengenakan bendera Rusia atau mendengar lagu kebangsaan mereka pada upacara medali.

4 dari 6 halaman

5. Nama-Nama Para Peraih Medali Emas

Nama-nama atlet Australia terlihat di bagian dalam jas seragam saat Australian Olympic Team Opening Ceremony Uniform Unveiling di Wylie's Baths di Sydney pada 18 Mei 2021. (BIANCA DE MARCHI / AFP)

Jas Tim Australia pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dilapisi dengan nama setiap peraih medali emas Olimpiade Australia. Seragam yang dirancang Sportscraft ini menampilkan nama-nama dari 320 peraih medali emas Olimpiade.

5 dari 6 halaman

6. Belanda dalam Bahasa Jepang

Pesenam Belanda Lieke Wevers saat selebrasi usai bertanding dalam cabang olahraga balok keseimbangan senam artistik kualifikasi putri pada Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Gymnastics Center di Tokyo pada 25 Juli 2021. (Loic VENANCE / AFP)

Tim senam putri Belanda mengenakan baju ketat dengan tulisan sebagai penghormatan kepada negara tuan rumah Olimpiade Tokyo. Seragam hitam, putih, dan oranye memiliki "オランダ" yakni kata Jepang untuk Belanda tertulis di bagian depan, seperti dilaporkan Meredith Cash dari Insider. Setiap huruf oranye dihadirkan dengan warna putih dan dihiasi dengan rhinestones oranye.

6 dari 6 halaman

Infografis Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Olimpiade Tokyo 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya