Tiga Bank BUMN Bantu Garuda Indonesia, Perpanjang Waktu Pinjaman

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) juga akan menawarkan skema restrukturisasi kepada masing-masing kreditu yang sedang dalam proses diskusi perseroan.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 28 Jun 2021, 12:46 WIB
Garuda Indonesia meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo yang merupakan livery masker pesawat pertama yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memperpanjang pinjaman atau restrukturisasi pinjaman dengan tiga perbankan milik BUMN seperti Bank Mandiri, BRI dan BNI pada Desember 2020. Melihat hal ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan perseroan terkait perkembangan yang terjadi.

Melalui keterbukaan informasi BEI, Garuda Indonesia mengaku konversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026 telah dilakukan.

"Proses negosiasi untuk perpanjangan atau restrukturisasi pinjaman bank dilakukan dengan seluruh kreditur dengan beberapa hasil yang diperoleh berdasarkan persetujuan bank tersebut, antara lain BRI dan BNI yang setuju untuk mengkonversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026," tulis perseroan, dikutip Senin (28/6/2021).

Selain itu, PT Garuda Indonesia Tbk menegaskan, Bank Mandiri memberikan persetujuan restrukturisasi pinjaman melalui perpanjangan pinjaman sampai dengan Desember 2021 dan menangguhkan kewajiban clean-up pinjaman.

Sedangkan bank-bank non himbara, setuju untuk memberikan perpanjangan pinjaman. Tak hanya itu, GIIA juga menegaskan bila skema restrukturisasi yang akan ditawarkan perseroan pada setiap kreditur masih terus diupayakan.

"Skema restrukturisasi yang akan ditawarkan Perseroan kepada masing-masing kreditur saat ini sedang dalam proses diskusi Perseroan dan konsultan-konsultan pendukung dengan mengupayakan opsi terbaik yang akan dikaji untuk kepentingan Perseroan dan seluruh stakeholders," tulis informasi yang sama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Bakal Rilis Laporan Keuangan 2020 Paling Lambat 30 Juni 2021

Penerbangan Garuda Indonesia ke Hong Kong di larang sementara mulai 22 Juni hingga 5 Juli. (Foto: Garuda-Indonesa.com).

Selain itu, perseroan menyatakan akan menerbitkan laporan keuangan 2020 dalam waktu dekat. Laporan keuangan akan diterbitkan selambat-lambatnya pada 30 Juni 2021.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya