Fitur PiP di YouTube Bakal Hadir untuk Pengguna iOS

Fitur Picture-in-Picture di YouTube akhirnya akan menyambangi pengguna iPhone dan iPad.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 20 Jun 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - YouTube baru saja mengumumkan pengguna iOS juga akan dapat merasakan fitur PiP (picture-in-picture).

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap menonton video YouTube dalam bentuk mini-player, sehingga dapat mengakses hal lain yang ada di perangkatnya.

Dikutip dari 9to5Google, Minggu (20/6/2021), fitur PiP YouTube ini juga akan berlaku untuk pengguna iPad.

"Kami mulai menggulirkan PiP untuk anggota YouTube Premium dan berencana untuk meluncurkannya ke seluruh pengguna iOS di Amerika Serikat," tulis perusahaan mengenai fitur ini.

Namun berdasarkan penelusuran, fitur ini akan digulirkan secara bertahap ke sejumlah pengguna terlebih dulu. Google sendiri belum mengungkap jadwal peluncuran fitur PiP untuk seluruh pengguna iOS.

Sebagai informasi, fitur PiP sendiri di iPhone maupun iOS sebenarnya sudah hadir sejak iOS 4. Kendati demikian, fitur ini tidak sepenuhnya mendukung aplikasi YouTube.

Dalam beberapa kesempatan, fitur ini ternyata hanya mendukung video YouTube yang diakses dari peramban Safari. Karenanya dengan dukungan resmi dari YouTube, fitur ini dapat diakses oleh semua pengguna.

2 dari 3 halaman

YouTube Siap Gelontorkan Rp 1,4 Miliar untuk Kreator Konten di Shorts

Ilustrasi YouTube Shorts. (Foto: YouTube)

Di sisi lain, YouTube baru saja meluncurkan fitur baru bernama Shorts di platform-nya bulan lalu. Fitur baru ini memungkinkan kreator mengunggah video pendek yang ditampilkan secara vertikal dan disebut-sebut sebagai pesaing TikTok. 

Menyusul kehadiran fitur tersebut, YouTube kini mengumumkan pendanaan untuk para kreator yang bisa mencetak video hit di Shorts. Dikutip dari NDTV, Minggu (16/5/2021), dana yang digelontorkan mencapai USD 100 juta (Rp 1,4 miliar).

Adapun pendanaan yang diberi nama YouTube Shorts Fund ini akan mulai didistribusikan untuk para kreator mulai 2021 hingga 2022. Dana ini nantinya akan diberikan bagi kreator video di Shorts dengan engagement paling banyak dari penonton.

YouTube juga mengatakan program ini tidak terbatas untuk para kreator yang ada di YouTube Partner Program. Jadi, kreator yang membuat konten orisinal di Shorts dan memenuhi ketentuan Pedoman Komunitas dapat berpartisipasi.

3 dari 3 halaman

Pendekatan Baru YouTube

"Karena Shorts merupakan cara baru menonton dan berkreasi di YouTube, kami mengambil pendekatan baru mengenai cara memonetisasi dan memberikan penghargaan bagi para kreator atas konten mereka," tulis YouTube mengenai program ini.

Untuk diketahui, YouTube Shorts sendiri saat ini baru dapat diakses pengguna di Amerika Serikat dan India. Informasi lebih lanjut mengenai program ini akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

(Dam/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya