MU Harus Bayar Rp 404,9 Miliar untuk Dapatkan Sang Mantan

MU diminta membayar 20 juta pound atau sekitar Rp 404,9 miliar untuk mendapatkan jasa mantan kiper akademinya, Sam Johnstone.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 01 Jun 2021, 23:30 WIB
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Manchester - Manchester United atau MU secara konsisten dikaitkan dengan seorang penjaga gawang karena masa depan David de Gea tak pasti. Penampilan yang agak mengecewakan dalam kekalahan melawan Villarreal di final Liga Europa semakin meragukan keberadaan pemain asal Spanyol itu di Old Trafford.

MU dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan kiper Aston Villa Tom Heaton. Namun, Setan Merah juga tertarik kepada Sam Johnstone.

MU naksir Johnstone lantaran performanya bersama West Bromwich Albion. Pemain berusia 28 tahun itu bisa dibilang kiper tebaik musim 2020-21. Dia mengumpulkan persentase penyelamatan yang lebih baik daripada kiper lainnya di Liga Inggris.

Laporan terbaru mengklaim MU harus membayar 20 juta pound atau sekitar Ro 404,9 miliar jika ingin mendapatkan Johnstone. Kebetulan dia tengah mencari klub baru setelah West Brom terdegradasi dari Liga Inggris.

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Pemain pinjaman

1. Sam Johnstone (West Bromwich Albion). Kiper asal Inggris berusia 27 tahun ini telah membuat 93 saves dalam 22 penampilannya selama 1980 menit. (AP/Rui Vieira/Pool)

Sam Johnstone merupakan jebolan akademi MU. Setelah menghabiskan bertahun-tahun dengan status pinjaman di sejumlah klub, dia akhirnya memutuskan bergabung secara permanen ke Hawthorns pada 2018.

Bersama West Brom, Johnstone bermain dalam 46 pertandingan di Championship for the Baggies. Dia juga membantu klub itu mencapai promosi ke Liga Inggris di 2020. Secara total, Johnstone telah tampil untuk West Brom sebanyak 125 kali.

Sementara di MU, dia belum pernah sama sekali tampil untuk tim senior. Karena itu, kembali ke klub masa kecilnya bisa menjadi sambutan yang baik.

 

3 dari 3 halaman

Timnas Inggris

Kiper West Bromwich Albion Sam Johnstone menendang bola saat melawan Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Selasa (15/12/2020). Bermain imbang 1-1, Manchester City tetap berada di urutan 6 klasemen sementara Liga Inggris. (Michael Regan/ Pool via AP)

Manajer West Brom Sam Allardyce menyatakan kemampuan Johnstone di bawah mistar gawang tidak perlu diragukan lagi. "Sam Johnstone adalah salah satu kiper terbaik di Liga Inggris, tanpa diragukan lagi," katanya seperti dikutip dari Sportskeeda.

"Saya bekerja dengan (Jordan) Pickford di Everton, yang sekarang menjadi No1 Inggris, dan dia ada di sana. Distribusinya juga menjadi lebih baik dan lebih baik."

Johnstone pun masuk skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020 (2021). "Dia cukup bagus untuk berada di skuat Inggris itu. Dia tentu saja cukup bagus untuk pergi ke Euro," ucap Allardyce.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya